Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Hoaks! Unggahan di TikTok, Agar Baterai Awet Dimasukan Rice Cooker

Beredar unggahan di aplikasi Tiktok tentang cara membuat baterai awet dengan cara dimasukan ke penanak nasi listrik atau rice cooker.
SHARE
Hoaks! Unggahan di TikTok, Agar Baterai Awet Dimasukan Rice Cooker
SOLOPOS.COM - ARSIP - Mahasiswa anggota Tim Gantari Engineering Research Club dari Universitas Sumatera Utara (USU) menyelesaikan pembuatan bio baterai dari kulit jeruk di Laboratorium Kimia Fisika Departemen Teknik Kimia USU, Medan, Sumatera Utara, Rabu (22/12/2021). (Antara Foto/Fransisco Carolio/Lmo/rwa)

Solopos.com, JAKARTA — Beredar unggahan di aplikasi Tiktok tentang cara membuat baterai awet atau tidak mudah rusak dengan cara baterai tersebut dimasukan ke penanak nasi listrik atau rice cooker.

Unggahan dari salah seorang pengguna Tiktok tersebut berdurasi sekitar dua menit. Isinya menyarankan mereka yang melihat unggahan tersebut untuk memasukan beterai ke rice cooker agar awet.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Caranya baterai dihangatkan selama sekira 20-30 menit. Baterai bahkan juga boleh dipanaskan saat “magic-com” itu sedang dipakai untuk memasak nasi.

Berikut isi narasinya:
“trik biar batu battrey awet selamanya #edukasitiktok #creatip #fyp,”.

Lantas benarkan cara agar membuat baterai lebih awet dengan dipanaskan di penanak nasi?

Baca juga: Dilengkapi Kamera Mumpuni, Berapa Harga Oppo Reno 8

Baterai
Tangkapan layar video berisi narasi yang menyatakan baterai awet setelah dipanaskan di penanak nasi (Antara/TikTok)

Dikutip dari Antara, dosen Teknik Elektro Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Prof. Muhammad Nizam menjelaskan upaya memanaskan baterai akan membuat elektron terstimulasi karena ada peningkatan suhu.

Baterai seolah-olah akan terisi ulang dan berfungsi kembali. Padahal, baterai hanya akan bekerja dalam waktu yang tidak lama, sebagaimana dilansir CekFakta.

Baca juga: Mau Buat Konten Video, Tak Hanya Visual Perhatikan Juga Kualitas Audio

Terkait proses pengisian baterai dengan magic-com, menurut Nizam, masyarakat sebaiknya tidak mengikuti informasi di video TikTok itu karena termasuk metode berbahaya.

Nizam menjelaskan potensi kebocoran zat kimia di dalam isi baterai hingga ledakan ketika baterai dipanaskan di penanak nasi.

Adapula risiko, seperti baterai justru mati, hingga muncul kontaminasi di penenak nasi jika ternyata dalam baterai tersebut mengandung zat yang mudah menjadi uap.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode