SOLOPOS.COM - Ilustrasi melawan persebaran virus Covid-19 varian Omicron. (freepik)

Solopos.com, SOLO-Seorang pakar kesehatan yang diklaim bernama Zarir Udwadia, dalam sebuah video di Twitter, merekomendasikan penggunaan bubuk jahe untuk sembuhkan infeksi varian Omicron.  Melalui konten digital sepanjang hampir dua menit itu, Zarir memaparkan infeksi virus corona bisa hilang dengan hanya menghirup sedikit bubuk jahe dari ujung jari.

Menurut dia, menghirup bubuk jahe itu ampuh untuk sembuhkan Omicron karena bubuk jahe kering memiliki sifat basa dan pH yang tinggi. Kandungan tersebut akan membunuh Covid-19 yang menyebar melalui lubang hidung, selaput lendir, tenggorokan dan kemudian paru-paru.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Zarir Udwadia mengklaim sudah menghirup bubuk jahe setiap pagi dan malam untuk sembuhkan Omicron dari tubuhnya.  “Saya sudah melakukannya setiap pagi dan malam. Silakan bagikan berita ini kepada keluarga, teman dan orang terkasih anda,” demikian isi narasi yang diubah dalam Bahasa Indonesia.

Baca Juga: Studi: Varian Omicron Bertahan Lebih Lama di Kulit

Video soal klaim keampuhan bubuk jahe untuk sembuhkan Omicron tersebut juga dibagikan pengguna Twitter @maskeench. Berikut narasi yang dibagikan pengguna Twitter dengan 16.800 pengikut itu. “Berbagi saran ahli dari Dr.Zarir Udwadia. Dia adalah dokter dada yang paling dihormati di negara kita.”

Namun, benarkah menghirup bubuk jahe sembuhkan Omicron?

Penjelasan:

Mengutip laporan turnbackhoax, pria dalam video di Twitter itu ternyata bukan pakar kesehatan bernama Zarir Udwadia. Dr. Zarir Udwadia yang asli, dalam klarifikasinya, menyatakan tidak pernah membuat klaim menghirup bubuk jahe dapat sembuhkan Omicron. Dia juga melarang masyarakat untuk menerapkan saran pria dalam video tersebut.

Baca Juga: Solo Kirim 32 Sampel WGS Pasien Covid-19 ke Lab, Ada yang Omicron?

Ketua Dewan Eksekutif Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Patrick Amoth, dalam unggahan di Twitter, telah menuliskan lemon dan jahe hanya dapat digunakan sebagai penambah kekebalan tubuh, bukan untuk obat infeksi Covid-19.

“Jadi meskipun itu adalah kebiasaan yang baik untuk meminumnya secara teratur untuk membantu meningkatkan kekebalan, tolong padukan dengan mencuci tangan, sanitasi, menjaga jarak sosial, dan memakai masker,” kata Patrick Amoth, yang juga menjabat sebagai Direktur Jenderal Kesehatan, Kementerian Kesehatan Kenya, pada unggahan 8 Agustus 2020, seperti dikutip dari Antara pada Selasa (25/1/2022).

Baca Juga: Gegara Omicron, PM Selandia Baru Batal Gelar Pernikahan

Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional Amerika Serikat dalam situsnya juga merinci jahe tidak dapat menghentikan proses infeksi virus ke dalam sel atau proses replikasi virus yang terjadi saat orang terinfeksi Covid-19.  Sampai saat ini tidak ada bukti ilmiah jahe dapat membuat tubuh kebal dari Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya