SOLOPOS.COM - Halaman UPTD Puskesmas Wonogiri I dihias dalam menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2020. Foto diambil Rabu (11/11/2020). (Solopos/M. Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI — Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) 11 November 2020, warga Wonogiri diimbau untuk mewaspadai penyakit lain selain Covid-19.

Pasalnya, saat ini Wonogiri sudah memasuki musim penghujan. Bahkan di beberapa daerah intensitas dan curah hujannya sudah mulai tinggi. Maka, penyakit musiman yang rawan menyerang saat musim penghujan juga harus diwaspadai.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di sisi lain, penerapan protokol kesehatan juga harus dilaksanakan oleh masyarakat. Sebab pandemi Covid-19 masih berlangsung. Covid-19 harus tetap diwaspadai, penyakit lainnya juga harus diwaspadai.

Mahfud MD Pastikan Gatot Nurmantyo Tetap Dapat Bintang Mahaputera Meski Tak Hadir di Istana

“Kalau Covid-19 harus selalu diwaspadai sebelum pandemi berkahir. Jadi tidak berpengaruh musim penghujan atau musim kemarau. Namun saat memasuki musim penghujan ini, ada beberapa penyakit musiman yang muncul,” kata Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri, Adhi Dharma, kepada wartawan, Rabu (11/11).

Selain waspada dengan bencana alam saat musim penghujan, menurut dia, ada beberapa penyakit yang harus diwaspadai. Penyakit yang biasa timbul pada musim penghujan yakni demam berdarah, chikungunya, diare, pencernaan, leptospirosis dan lain-lain.

Acara Virtual

Pada peringatan HKN kali ini, menurut dia, belum ada petunjuk khusus. Namun pada Rabu pagi telah dilaksanakan peringatan secara virtual. Di Wonogiri, kegiatan diperingati oleh Kelompok Dharma Wanita dengan agenda menyalurkan bantuan sosial.

Selain itu, dalam kegiatannya Dharma Wanita juga mengingatkan kembali kepada masyarakat tentang kesadaran memakai masker. Hal itu agar kesadaran warga Wonogiri dalam memakai masker tidak turun. Jadi tidak hanya menyalahkan kepada warga yang tidak memakai masker, namun juga memberi contoh.

“Intinya warga harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu juga harus mewaspadai penyakit lainnya. Maka warga kami imbau untuk menjaga pola hidup sehat dan bersih. Pola makan juga harus diperhatikan,” kata Adhi.

Warga Lereng Merapi di Klakah Boyolali Rasakan Hawa Panas & Gerah

Dalam menyambut HKN, UPTD Puskesmas I Wonogiri, menghias halaman dengan bola dan lampu. Selain itu, terdapat beberapa tulisan dan poster yang bertuliskan tentang imbauan perilaku hidup sehat

“Bola itu bulat. Hal itu bermakna tekad menuju Indonesia sehat. Kami mengimbau agara masyarakat selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Kepala UPTD Puskesmas I Wonogiri, Pitut Kristiyanta Nugraha, Rabu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya