SOLOPOS.COM - Tim SAR gabungan tengah mengevakuasi dua penggali sumur dari dalam sumur di Magelang, Minggu (26/12/2021). (Solopos.com-Humas Basarnas)

Solopos.com, MAGELANG — Peristiwa nahas menimpa dua penggali sumur di Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (26/12/2021). Kedua orang itu menghirup gas beracun yang ada di dalam sumur, hingga satu orang di antaranya meninggal dunia.

Kedua penggali sumur yang mengalami nasib nahas itu adalah Sudar, 65, dan Jamak, 45, warga Desa Tepuskulon RT 001/RW 010, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Keduanya mendapat pekerjaan menggali sumur milik Faizah, warga Bungkusrejo RT 008/RW 003, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, mengungkapkan awal mula kedua penggali sumur itu mengalami peristiwa tragis. Awalnya, Sudar lebih dulu turun ke dalam sumur untuk melakukan penggalian.

Baca juga: Tragis, Bocah 3 Tahun di Mojosongo Boyolali Meninggal Tercebur Sumur

“Sekitar puku 08.00 WIB, Sudar turun untuk menggali sumur. Setelah mencapai kedalaman 8 meter, sumur mengeluarkan bau gas. Rekannya, Jamak, kemudian berinisiatif turun untuk menolong Sudar. Akhirnya, keduanya justru tidak bisa naik karena menghirup gas beracun,” ujar Heru, dalam keterangan tertulis.

Basarnas Kantor SAR Semarang yang mengetahui informasi adanya dua penggali sumur terjebak di dalam sumur langsung mengirimkan regu penyelamat. Tim SAR berupaya melakukan evakuasi terhadap dua penggali itu dari dalam sumur.

“Tim SAR gabungan melakukan evakuasi dengan metode lowering. Satu orang turun untuk melakukan evakuasi. Pukul 11.00 WIB, korban atas nama Jamak berhasil dievakuasi. Setelah itu, pukul 11.20 WIB, korban Sudar dievakuasi dari dalam sumur,” ujar Heru.

Kendati demikian, nasib kedua penggali sumur itu berbeda. Jika Jamak berhasil dievakuasi dari dalam sumur dalam kondisi selamat, lain halnya dengan Sudar. Pria berusia 65 tahun itu dievakuasi dari dalam sumur dalam kondisi sudah tak bernyawa atau meninggal dunia.

Baca juga: Terungkap! Ini Modus Dukun Pengganda Uang di Magelang Habisi 2 Korban

“Untuk korban Jamak dibawa ke RS Syubbanul Wathon untuk mendapatkan perawatan. Sedangkan Sudar dibawa ke RST Soedjono Kabupaten Magelang dalam keadaan meninggal dunia,” ujar Heru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya