SOLOPOS.COM - Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (kiri), meninjau jalur mudik pantai selatan (pansela) di Pracimantoro, Wonogiri. Sabtu (9/4/2022). (Solopos.com/Siti Nur Azizah)

Solopos.com, WONOGIRI — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), M Basuki Hadimuljono, memperkirakan akan ada 79-85  juta orang mudik pada Lebaran tahun ini. Untuk menghindari kemacetan, Basuki menyarankan pemudik memilih jalur pantai selatan (pansela) ketimbang pantura yang bakal ramai.

“Kenapa kami mempromosikan pansela? Karena tahun ini diperkitakan oleh Badan Litbang Kementerian Perhubungan ada sekitar 79 sampai 85 juta orang akan mudik. Sebanyak 47% dari pemudik ini diperkirakan menggunakan jalur darat,” ucap Basuki kepada wartawan saat meninjau jalur pansela di Pracimantoro, Wonogiri, Sabtu (9/4/2022).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Di Jawa, Ia mengatakan terdapat 3 jalur darat yakni pantura, jalur tengah yaitu dari bandung ke Jawa Tengah hingga Ngawi, Jawa Timur, dan pansela. Jalur pansela melewati Cilacap, Kebumen, Wonosari, dan tembus sampai ke Pacitan sepanjang 1.242 kilometer. Kementerian PUPR mempersiapkan jalur pansela untuk menghindari kemacetan dan penumpukan jalur mudik di jalur pantura dan jalur tengah.

Baca Juga: Maaf, Pemkab Karanganyar Tak Sediakan Mudik Gratis, Ini Alasannya

“Tahun ini kita diperbolehkan untuk mudik, kami mempersiapkan jalur mudik, salah satunya Pansela ini. Agar tidak menumpuk di pantura dan jalur tengah, maka manfaatkanlah pansela ini,” ungkapnya.

Untuk melewati jalur pansela, Basuki menuturkan pemudik dari Jakarta, Bandung, Sukabumi, dan Sukabumi bisa masuk ke Cilacap hingga Pacitan, Jawa Timur. Selain mengurangi penumpukan dan kemacetan di Pantura dan tengah, jalur pansela juga menawarkan pemandangan yang indah dan instagramable.

“Tentunya dengan sarana yang telah kami siapkan ini pemudik tidak akan kecewa dengan pemandangan yang disuguhkan, sangat instagramable, dan memorable,” ungkapnya sembari menunjukkan pemandangan di Pracimantoro, Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya