[ X ] CLOSE

Hindari Kerumunan, Ini 5 Aktivitas Menyenangkan Bareng Anak di Rumah

Agar tidak bosan di rumah saja, ada sejumlah aktivitas menyenangkan bisa dilakukan bareng anak.
Hindari Kerumunan, Ini 5 Aktivitas Menyenangkan Bareng Anak di Rumah
SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu menemani anak belajar di rumah. (Freepik)

Solopos.com, SOLO–Ada sejumlah aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bareng anak meski hanya di rumah saja, tanpa perlu harus pergi ke pusat perbelanjaan. Di masa pandemi Covid-19, mengurangi mobilitas sangat penting untuk mencegah persebaran Corona.

Agar tidak merasa bosan karena harus di rumah terus, ada banyak pilihan aktivitas menyenangkan bisa dilakukan bareng anak. Selama masa pandemi Covid-19 ini anak memang diharuskan belajar, bermain, dan berlibur, semua dilakukan di rumah agar mereka tidak tertular atau menularkan virus Corona.

Spesialis anak dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Tumbuh Kembang Depok,  dr. Miza Dito Afrizal, memberikan tips lima aktivitas seru yang bisa dilakukan orang tua untuk menemani si buah hati di rumah di tengah pandemi Covid-19. Berikut ini pilihan kegiatan yang bisa dilakukan bersama sang buah hati seperti dikutip dari Liputan6.com, Minggu (22/8/2021):

1. Bermain puzzle

Permainan simpel satu ini bisa dilakukan orang tua bersama anak-anak saat qualiity time, terutama untuk anak usia 1 tahun-2 tahun. Aktivitas menyenangkan bareng anak ini bukan hanya permainan, melainkan juga bermanfaat untuk melatih daya motorik dan sensorik anak.

Baca Juga:  Waduh, Kekurangan Vitamin D Ternyata Masalah Akut Anak Indonesia

“Untuk anak berusia 1- 2 tahun, mereka itu lagi ditahap melatih motorik. Sebagai orang tua kita bisa siapkan permainan puzzle agar melatih ketangkasan untuk menyusun atau bisa juga menyiapkan adonan untuk diaduk sehingga melatih daya motorik dan sensoriknya,” kata dr. Miza.

2. Memasak

Memasak juga bisa menjadi kegiatan alternatif yang bisa dilakukan orang tua bersama anak. Melalui proses masak bersama, anak dapat melihat proses pembuatan makanannya dan membantunya mengenal kandungan nutrisi pada makanan dan menjadikannya lebih berselera untuk makan.

3. Belajar bersama

Aktivitas lain yang bisa dilakukan bareng anak di rumah adalah menonton video edukatif. Dengan menonton video edukatif, anak dapat belajar meski tetap berada di rumah.

Baca Juga: Ingin Mendapatkan Pikiran yang Tenang? Lakukan Cara Ini

Meski demikian Dokter Miza menggarisbawahi bahwa orangtua tetap perlu membatasi kegiatan menonton video lewat platform digital agar anak tidak menjadi kecanduan gadget dan tetap mau berinteraksi sosial.

4. Olahraga

Dokter Miza menyarankan untuk menemani anak agar tetap sehat dan aktif saat di rumah saja adalah dengan berolahraga. Aktivitas menyenangkan bareng anak ini dapat melatih kekuatan fisik anak dan mempelajari makna menjadi kompetitif dan mengikuti aturan.

“Terutama untuk anak di tahap usia 3 tahun, kegiatan olahraga yang kompetitif itu cukup bagus dilakukan untuk mengasah dirinya. Bisa bermain bola, atau memasukkan bola ke keranjang,” terangnya.

5. Berkebun

Berkebun merupakan aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan bareng anak di rumah. Kegiatan menjadi salah satu hobi yang tengah naik daun di masa pandemi. Nah, para orang tua bisa mengajak si kecil untuk berkebun bersama. Selain menyenangkan, berkebun dapat membuat belajar memahami tanggung jawab dan melatih kesabaran.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago