SOLOPOS.COM - Proses evakuasli Toyota Hilux SAR UNS, Jumat (10/12/2021) yang terjebak material banjir lahar dingin di lereng Gunung Semeru. Istimewa/Dokumentasi IOF Rescue

Solopos.com, LUMAJANG – Mobil pikap double cabin Toyota Hilux milik tim Search and Rescue (SAR) UNS Solo yang tertimbung lahar dingin Gunung Semeru, Selasa (7/12/2021), berhasil dievakuasi dengan alat berat, Jumat (10/12/2021) siang. Begini kondisi Hilux SAR UNS yang harus takluk dengan material banjir lahar dingin di lereng Gunung Semeru.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Hilux SAR UNS ringsek dari berbagai sisi. Lumpur yang mengeras cukup membuat bodi dan interior pikap tersebut nyaris berubah wajah. Meski demikian, konstruksi Hilux masih terlihat jelas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Hilux RS UNS Terendam Lahar Dingin Semeru, Mesin Aman?

Menurut anggota Indonesia Off-Road Federation (IOF) Rescue, Mujiyo, tanah, lumpur bercampur abu vulkanik yang mengurung Hilux itu telah mengeras. Mobil itu pun telah disemprot untuk menghilangkan lumpur padat.

Mujiyo menerangkan Hilux itu dibawa ke Kota Solo dengan anhang trailer. Tentu butuh beberapa proses untuk mengembalikan fungsi pikap ini seperti semula. Sebagai informasi, Hilux menjadi pikap yang mendapatkan penghargaan The 6th International Pick-up Award 2022/2023.

Mengutip siaran pers Toyota, Kamis (2/12/2021), penghargaan itu diterima dalam pameran Solutrands 2021 di Lyon, Prancis. Hilux yang memenangi penghargaan yang telah melalui proses penilaian oleh panel ahli dari juri International Van of the Year.

Baca Juga: Foto-Foto Evakuasi Mobil SAR UNS Solo Tertimbun Lahar Gunung Semeru

Toyota menyebut kemenangan Hilux itu setelah melalui beberapa komponen penilaian, termasuk bertenaga dan mulus, handling lebih baik, serta kualitas, daya tahan, serta keandalan. Hilux juga disebut memiki daya tarik yang meningkat di pasar off-roader, rekreasi, dan kendaraan perkotaan yang berkembang pesat di dunia.

Penghargaan International Pick-up Award disebutkan merupakan pengakuan atas semua kualitas yang melekat pada Hilux. Pikap ini juga dikatakan membuktikan diri dengan misi menaklukkan Kutub Utara, gunung berapi Islandia dan benua Antartika, dan juga mencapai podium juara Reli Dakar.

Baca Juga: Terpendam Lahar Dingin Semeru, Mobil Tim SAR UNS Tak Bisa Diperbaiki

Toyota Hilux diproduksi di enam negara berbeda dan dijual di 180 negara di seluruh dunia dan Toyota mengklaim lebih dari 18 juta unit terjual secara global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya