SOLOPOS.COM - Tangkapan layar video berisi pengumuman taksi terbang jenis EHang 216 diterangkan menuju Bali untuk kepentingan uji coba. (Instagram/EHangIndonesia)

Solopos.com, SOLO – Taksi terbang produk EHang disebut-sebut bakal mengudara di Bali dalam acara uji coba pada Oktober 2021. Meski sudah lewat dari jadwal yang santer dibicarakan itu, kini tanda-tanda taksi terbang menuju ke Bali makin terlihat.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Sabtu (13/11/2021), memang belum terlihat pengumuman perkembangan jadwal oleh Prestige Image Motors sebagai pihak yang memperkenalkan produk transporasi udara otonom bikinan China itu. Padahal berbagai pemberitaan telah menyebut taksi terbang jenis EHang 216 bakal menjalani uji coba di Bali, Oktober 2021.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sepertinya memang ada pengunduran jadwal. Kabar terbaru, taksi terbang itu diterangkan sedang dikirim dari Jakarta ke Bali. Informasi itu sebagaimana diterangkan dalam sebuah unggahan akun Instagram EHang Indonesia, empat hari lalu.

Baca Juga: Setelah Coba Sirkuit Mandalika, Jokowi Pasang Emotikon Menyeringai

Ekspedisi Mudik 2024

Unggahan video itu berisi ilustrasi pergeseran unit EHang dari Jakarta menuju Bali. Unggahan video pendek itu memuat tulisan yang menerangkan perjalanan ke Bali untuk kebutuhan demo. “Ehang akan datang ke Bali. Doakan kami yang terbaik untuk demo penerbangan!,” tulis dalam video pendek tersebut.

Sementara keterangan lain juga bisa dilihat yang menyertai unggahan video itu. “EHang 216 sedang dalam perjalanan ke Bali untuk tujuan FLIGHT DEMO. Semoga kita beruntung,” tulis deskripsi pendukung unggahan video tersebut.

September lalu, Prestige Aviation yang diterangkan berdiri di bawah Prestige Corp menghadirkan EHang 216. Taksi terbang itu diperkenalkan melalui acara peluncuran di Gedung Kantor IMI Pusat. Peluncuran itu dihadiri Ketua Umum IMI, Babng Soesatyo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca Juga: Ini Wujud Imajinasi Lexus akan Mobil Elektrik Masa Depan

EHang adalah taksi terbang bikinan perusahaan platform teknologi autonomous aerial vehicle (AAV) atau kendaraan udara otonom dari China. Pecinta maupun permerhati transportasi umum di tanah air pun penasaran karena EHang si taksi terbang ini bakal menjalani uji coba di Bali.

Sebelum di Bali, EHang seri diklaim berhasil terbang mulus di Bandara Tratum, Estonia. Dalam rilis 3 September lalu, EHang seri 216 terbang dengan skenario penerbangan penumpang VIP dari Bandara Tartu dan mendarat di Museum Penerbangan Estonia.

Dikutip dari ehang.com, penerbangan ini dilakukan tanpa penumpang dan lebih fokus mendemonstrasikan lepas landas dan mendarat vertikal. Dalam kesempatan itu, EHang terbang membawa logistik keperluan pengiriman paket.

Baca Juga: Rilis Harga All New Honda BR-V, Termahal Rp339,9 Juta

Sebelumnya, EHang 216 juga menjalani terbang perdana di Okayama, Jepang setelah memeroleh izin terbang uji coba dari Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata Jepang. Berdasarkan rilis yang dikeluarkan 4 Juni 2021 yang menyematkan tayangan video itu, EHang 216 masih terbang tanpa penumpang.

“Saya sangat senang bahwa uji coba penerbangan mobil terbang pertama di Jepang berlangsung di tanah Okayama. Kami memiliki harapan yang tinggi untuk mobil terbang sebagai generasi baru untuk industri yang sedang berkembang. Kami berharap dapat mengembangkan mobil terbang sebagai layanan sosial melalui kerjasama publik-swasta,” kata Hashimoto Gaku, seorang Dewan Perwakilan Jepang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya