SOLOPOS.COM - Penanganan pandemi flu Spanyol di Hindia Belanda pada 1918. (Sumber: lampiran buku Yang Terlupakan: Sejarah Pandemi Influenza 1918 di Hindia Belanda; Priyanto Wibowo, dkk.)

Solopos.com, SOLO – Sedekah laut merupakan salah satu tradisi masyarakat pesisir Pulau Jawa. Mayoritas dilakukan oleh nelayan dengan melarung kepala kerbau atau kambing yang bermakna ekspresi rasa syukur.

Di Jawa Tengah tradisi tersebut dilaksanakan komunitas nelayan di di Cilacap, Tegal, Pekalongan, Batang, Weleri, Kendal, Kaliwungu, Demak, Jepara, Kudus, Juwana, Pati, dan sebagainya. Penjelasan lengkap tersaji di Melarung Kepala Hewan, Makna Sedekah Laut Masyarakat Jawa Pesisir.

Promosi Layanan Keuangan Terbaik, BRI Raih 3 Penghargaan Pertamina Appreciation Night

Prabowo Subianto yang disebut-sebut sejumlah lembaga survei sebagai kandidat presiden terkuat saat ini mengintensifkan komunikasi politik dengan banyak pihak memanfaatkan momentum Lebaran.

Ekspedisi Mudik 2024

Pengamat politik di Universitas Trunojoyo, Madura, Jawa Timur, Surokim Abdussalam, menilai silaturahmi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerakan Indonesia Raya (DPP Partai Gerindra), Prabowo Subianto, dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa adalah strategis untuk pemilihan presiden 2024. Berita lengkap tersaji di Prabowo Intensifkan Komunikasi Politik.

Pemerintah resmi melarang ekspor produk sawit mulai Kamis 28 April 2022. Dampak pelarangan ini dirasakan para petani sawit. Harga tandan buah segar atau TBS kelapa sawit merosot.

Board Member Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Arianto Patunru, mengatakan pelarangan ekspor crude palm oil (CPO) dan turunannya yang dimulai pada 28 April 2022 mendistorsi pasar, merugikan petani, dan mengganggu pemulihan ekonomi. Duduk perkara bisa dibaca di Larangan Ekspor CPO, Harga TBS Merosot, dan Korporasi Melanggar Aturan.

Masyarakat Indonesia mengenal Nyi Rara Kidul atau Kanjeng Ratu Kidul sebagai perempuan berkekuatan gaib yang mengendalikan Laut Selatan sekaligus simbol penjaga lautan. Ia dikenal sebagai pendukung kepemimpinan Raja Mataram Islam.

Fakta lautan Indonesia adalah dua pertiga dari wilayah Indonesia menjadikan Indonesia negara kepulauan terbesar di dunia. Hal itu melahirkan keyakinan ada kekuatan lain yang mengendalikan lautan. Kisah Nyi Rara Kidul adalah salah satu bentuk keyakinan mengenai kekuatan lain itu dalam bentuk cerita rakyat. Kisah lengkap bisa dibaca di Kisah Nyi Roro Kidul, Simbol Perempuan Penjaga Lautan.

Kabar tentang kejadian luar biasa hepatitis akut yang belum diketahui asalnya seharusnya tak memunculkan kepanikan. Pandemi Covid-19 yang belum berakhir adalah pelajaran berharga agar jangan sampai membuat lengah dari ancaman potensi persebaran hepatitis akut itu.

Covid-19 sebenarnya bukan pandemi pertama yang dialami Indonesia. Pada 1997, 2003, dan 2009 Indonesia secara berturut-turut menghadapi pandemi flu burung (avian influenza atau AI), severe acute respiratory syndrome (SARS) atau sindrom saluran pernapasan akut, dan flu babi (swine flu). Penjelasan lengkap tersaji di Pandemi ke Pandemi Harus Membuat Indonesia Makin Tanggap dan Tangguh.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium berupaya menyajikan jurnalisme yang berkualitas. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya