SOLOPOS.COM - Benda mirip jenglot berdiri dengan lilitan ular mati di pinggir Bendungan Buntit, Desa Pare, Mondokan, Sragen, Rabu (1/7/2020). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Jenglot merupakan mahkluk mitologi Indonesia yang dipercaya memiliki kekuatan mistis. Pada awal Juli 2020 ini masyarakat di Mondokan, Sragen dibuat geger dengan penemuan makhluk mirip manusia mini yang menyeramkan itu.

Lantas, apa sebenarnya jenglot? Simak ulasan kisah misteri tentang makhluk mitologi di bawah ini yang bakal membuat Anda bergidik:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ciri Fisik

Dikutip dari Wikipedia, Minggu (5/7/2020), jenglot adalah figur hominoid mirip manusia berukuran kecil sekitar 10-17 cm. Penampakannya berkulit gelap dengan tekstur kasar seperti mumi. Wajahnya menyeramkan seperti tengkorak dengan taring mencuat. Makhluk ini memiliki rambut dan kuku panjang.

Viral Jasa Tambal Ban Seharga Rp600.000 di Banyuwangi, Apa Istimewanya?

Makan Darah

Makluk menyeramkan itu biasa ditemukan di beberapa wilayah Indonesia seperti Jawa, Kalimantan, dan Bali. Makhluk ini dipercaya memiliki kekuatan jika diberi makanan berupa darah manusia. Namun, jika tidak dirawat dengan baik maka dapat mengundang bencana.

Pemilik jenglot harus memberinya makan setetes darah setiap hari. Jika tidak, maka dia dan orang-orang di sekitarnya bakal terkena musibah.

Nemu Benda Mirip Jenglot, Warga Mondokan Sragen Alami Kejadian Mistis? 

Kekuatan

Mayoritas orang Indonesia meyakini jenglot memiliki kekuatan mistis. Itulah sebabnya figur hominoid (berkenaan dengan manusia) ini sering dimanfaatkan untuk pesugihan, pelet, menarik pusaka, hingga santet. Meski demikian kesaktian makhluk ini belum bisa dibuktikan kebenarannya alias masih sebatas desas-desus semata.

Berasal dari Manusia

Ada berbagai kisah misteri  tentang jenglot. Beberapa orang meyakini makhluk itu dulunya adalah manusia pertama yang mempraktikkan sihir terlarang agar hidup abadi. Ketika orang itu meninggal, tubuhnya ditolak Bumi sehingga tidak terurai dan menyusut menjadi jenglot.

Kisah Suroto Magelang, 10 Tahun Kurung Diri di Kamar Sejak Erupsi Merapi Tak Pernah Mandi 

Syirik

Paranormal Ki Prana Lewu mengatakan, orang yang percaya dengan kekuatan mistis makhluk itu telah tergelincir dalam kemusyrikan. "Justru dengan mempercayai adanya kekuatan mistis yang dimiliki jenglot, mereka sudah tergelincir dalam kemusyrikan, jelasnya dalam video di Youtube.

Dia mengatakan kepercayaan terhadap keekuatan benda mistis itu sering dimanfaatkan penipu. Dia pun mengingatkan masyarakat agar tidak mudah tertipu dengan hal-hal yang diklaim memiliki kekuatan gaib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya