SOLOPOS.COM - ilustrasi ular. (Dok)

Solopos.com, SOLO — Cerita rakyat atau folklore tentang sosok mistis ular penunggu di wilayah Kota Solo ternyata tidak hanya berkembang di sekitar Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Menurut pemerhati sejarah dan Ketua Solo Societeit, Dani Saptoni, banyak cerita tentang sosok ular penunggu di sejumlah wilayah di Kota Bengawan. Salah satunya sosok ular penunggu di kawasan danau Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Yang jelas soal folklore ular mistis banyak tempat di Solo yang dikaitkan penunggunya adalah ular. Misalnya mitos di kampus UNS, di danau depan. Kemudian di beberapa titik di Solo,” ungkapnya melalui sambungan telepon dengan Solopos.com, Selasa (17/5/2022).

Kisah lainnya tentang sosok mistis penunggu berwujud ular yakni di area yang kini menjadi Mal Solo Paragon. Sebelum berdiri mal di area itu terdapat bangunan tua bekas rumah sakit zaman Belanda.

Menurut Dani, saat pembangunan Solo Paragon ditemukan ular besar. “Waktu itu pas pembangunan Solo Paragon, di bekas kamar mayat ditemukan ular gede. Jane ular sanca biasa, tapi karena alam pikir orang Jawa sudah terdoktrin seperti itu, wah iki penunggune, begitu,” ungkapnya.

Baca Juga: Heboh Badarawuhi Di Film KKN Desa Penari, Di Solo Juga Ada Ular Mistis

Tapi Dani mengaku mendengar ular yang ditemukan di bangunan eks rumah sakit tersebut cukup besar. Lebih jauh, Dani menjelaskan dalam beberapa kejadian kemunculan sosok ular mistis disertai peristiwa besar.

“Bagi publik maupun personal pribadi, misale bertemu ular ndilalah gegayuhane ketampa. Ada juga pemahaman seperti itu,” urainya.

Apalagi, Dani menjelaskan bagi masyarakat Solo yang notabene dari budaya Mataraman. Sosok ular atau naga sangat disakralkan masyarakat karena terkait dengan kosmologi Kanjeng Ratu Kidul.

Baca Juga: Ini Pengalaman Mistis dan Menegangkan Para Pemeran KKN di Desa Penari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya