[ X ] CLOSE

Hii, Ada Makam Misterius di Trotoar Jalan Solo Baru Sukoharjo

Makam misterius di trotoar jalan utama Solo Baru dekat bundaran Patung Bung Karno, Tanjung Anom, Sukoharjo, terlihat masih terawat.
Hii, Ada Makam Misterius di Trotoar Jalan Solo Baru Sukoharjo
SOLOPOS.COM - Makam misterius di trotoar Jl Tanjung Anom, Grogol, Sukoharjo, Rabu (27/10/2021). (Solopos/Candra Putra Mantovani)

Solopos.com, SUKOHARJO — Di sudut jalan utama kawasan Solo Baru, Sukoharjo, terdapat satu makam berukuran kecil yang jarang diperhatikan para pengendara yang melintas. Bentuknya seperti kijing makam pada umumnya, namun berukuran kecil seperti makam anak-anak.

Pengamatan Solopos.com, Rabu (27/10/2021) siang, kijing makam berwarna hitam dan putih itu berada tak jauh dari bundaran Patung Bung Karno di Tanjung Anom, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo. Lokasi itu berbatasan langsung dengan Kota Solo.

Baca Juga: CFD Belum Dibuka, Alun-Alun Sukoharjo Ramai Pedagang pada Akhir Pekan

Letak makam itu tepat di trotoar depan salah satu rumah makan dan bengkel milik warga setempat. Salah satu warga Tanjung Anom RT 004/RW 005, Grogol, Sukoharjo, Yudi, mengatakan makam tersebut sudah ada di depan rumahnya sejak sebelum ia lahir.

Berdasarkan cerita yang ia dengar dari sesepuh wilayah tersebut, lokasi makam misterius di Solo Baru itu dulunya merupakan kompleks makam hewan peliharaan Paku Buwono X di masa pemerintahannya.

Baca Juga: Ke Mal di Sukoharjo, Ganjar Nonton Film Bioskop tentang Eks Napiter

Masih Ada yang Nyekar

“Saya warga asli sini. Salah satu saksi tata kota juga. Dulu jalan di depan ini belum ada dan masih permukiman, sekitarnya areal persawahan. Jalannya itu masih di seberang sana. Tapi karena ada tata kota, ya akhirnya banyak penggusuran dan jadi jalan ini,” jelasnya ketika ditemui Solopos.com di rumahnya.

Ia mengatakan hingga saat ini masih ada beberapa warga luar kota yang datang untuk sekadar menabur bunga di makam tersebut. Namun, Yudi sendiri mengaku membiarkan saja makam itu meskipun ia membuka warung di sebelahnya.

Baca Juga: Bupati Sukoharjo: Kartu Vaksin seperti KTP, ke Mana pun Wajib Dibawa

“Ya masih ada yang nyekar. Biasanya orang Jatim. Tapi saya biarkan saja, soalnya tidak mengganggu,” imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, makam misterius yang masih ada di trotoar jalan utama Solo Baru itu merupakan makam hewan klangenan milik Raja Keraton Solo, Paku Buwono (PB) X, berjenis kucing candramawa.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago