Hidupkan Kawasan Utara Klaten, Jalan Pemuda akan Dibikin Searah 24 Jam

Salah satu pertimbangan pemberlakuan Jalan Pemuda searah selama 24 jam untuk menghidupkan kawasan di jalur lingkar utara wilayah kota.
Hidupkan Kawasan Utara Klaten, Jalan Pemuda akan Dibikin Searah 24 Jam
SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di ruas Jl. Pemuda di dekat Tugu Adipura, Kecamatan Klaten Tengah, Jumat (14/1/2022). Dishub Klaten berencana memberlakukan arus lalu lintas Jl. Pemuda searah selama 24 jam. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN—Arus lalu lintas Jalan Pemuda Klaten bakal dibikin searah selama 24 jam dari simpang empat Bareng, Kecamatan Klaten Tengah, ke arah Tugu Adipura (Pemkab Klaten). Salah satu pertimbangan pemberlakuan itu untuk menghidupkan kawasan di jalur lingkar utara wilayah kota.

PromosiDesain dan Konsep IKN Nusantara Sepenuhnya Kota Masa Depan

Selama ini, ruas Jalan Pemuda dibuat searah dari simpang empat Bareng ke arah tugu Adipura mulai pukul 05.00 WIB-22.00 WIB. Di luar jam tersebut, kendaraan bisa melaju dari kedua arah.

Hanya, ruas jalur utama di tengah kota tersebut ditutup saban malam mulai pukul 21.00 WIB hingga 05.00 WIB sejak Juni 2021 untuk membatasi mobilitas, pencegahan persebaran Covid-19.

Baca Juga: Colek Bagian Sensitif dan Pukul Biduanita Klaten, Bento Menghilang

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, mengatakan rencana pemberlakuan Jalan Pemuda searah selama 24 jam itu dilatarberlakangi berbagai pertimbangan. Salah satunya mendukung pengembangan kawasan di sepanjang jalur lingkar utara di wilayah kota seperti Jalan Merbabu serta Jalan Mayor Kusmanto yang kini banyak menjamur restoran, kafe, dan warung-warung kuliner.

Pertimbangan lain yakni Jalan Pemuda rawan kecelakaan ketika ruas jalan diberlakukan dua arah mulai pukul 22.00WIB-05.00 WIB. “Pertimbangannya banyak hal seperti untuk meminimalisasi kecelakaan. Karena memang sering terjadi kecelakaan ketika di atas pukul 22.00 WIB dan lalu lintas sudah berlaku dua arah,” kata Supriyono saat ditemui di Pemkab Klaten, Jumat (14/1/2022).

Supriyono mengatakan rencana tersebut segera digulirkan. Kini Dishub masih membahas rencana Jalan Pemuda dibikin searah selama 24 jam itu di Forum Lalu Lintas Klaten yang melibatkan berbagai instansi termasuk Polres Klaten. “Mungkin dalam waktu dekat kami laksanakan. Tetapi harus kami bahas dulu di forum lalu lintas dengan mempertimbangkan berbagai segi,” urai dia.

Baca Juga: Dicolek & Dipukul Bento, Biduanita Klaten Ternyata Opname 5 Hari di RS

Di sisi lain, Supriyono mengatakan penutupan ruas jalan protokol yakni Jalan Veteran dan Jalan Pemuda (dari persimpangan Masjid Agung Al Aqsha Klaten hingga persimpangan Tegalyoso, Klaten Selatan) pukul 21.00 WIB-05.00 WIB hingga kini masih diberlakukan. Pemberlakukan penutupan itu sudah berlangsung sejak Juni 2021 lalu seiring peningkatan kasus Covid-19 di Klaten.

Setelah angka kasus Covid-19 menurun, penutupan ruas jalan protokol tersebut masih diberlakukan hingga kini. “Sampai saat ini penutupan jalan protokol masih diberlakukan. Kami sudah koordinasi dengan polres dan dari polres meminta gar penutupan masih diberlakukan. Ini sebagai upaya untuk mengurangi mobilitas, meminimalisasi potensi persebaran Covid-19,” kata dia.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago