[ X ] CLOSE

Hidupkan Atmosfer Stadion Manahan Solo, Pasoepati Usulkan “Suporter Kardus”

“Suporter kardus” diharapkan menghidupkan atmosfer di stadion mengingat penonton belum diperbolehkan menyaksikan langsung.
Hidupkan Atmosfer Stadion Manahan Solo, Pasoepati Usulkan “Suporter Kardus”
SOLOPOS.COM - Penampakan papan wajah suporter di markas Borussia Monchengladbach, Borussia Park, medio 2020 lalu. Suporter Persis Solo mengusulkan program serupa untuk menyemarakkan Liga 2 2021 yang digelar di Stadion Manahan. (Twitter Borussia Monchengladbach)

Solopos.com, SOLO—Sejumlah pendukung Persis Solo mengusulkan pemasangan papan bergambar wajah suporter atau “suporter kardus” di tribune Stadion Manahan dalam ajang Liga 2 2021. Langkah itu diharapkan menghidupkan atmosfer di stadion mengingat suporter belum diperbolehkan menonton langsung.

Pengadaan papan wajah suporter juga dapat menjadi alternatif pemasukan bagi klub. Wakil Sekjen DPP Pasoepati, Isnaini M. Fattah, mengatakan ada gagasan dari sejumlah pendukung untuk membikin papan wajah suporter di tribune Stadion Manahan.

Isna menilai kehadiran suporter yang diwujudkan dalam papan-papan kardus dapat menjadi penyemangat tersendiri bagi pemain. Selain itu, suporter juga memiliki ikatan batin lebih meski tak bisa hadir langsung di lapangan.

Baca Juga: Komentar Atta Halilintar setelah Gibran Rakabuming Sebut AHHA PS Pati Jago Kungfu

“Mungkin teknisnya suporter berfoto terus dicetak oleh manajemen. Ya ini baru usulan saja,” ujar Isna saat dihubungi Solopos.com, Jumat (24/9/2021).

Pemasangan wajah suporter di tribune terinspirasi klub Bundesliga, Borussia Monchengladbach. Ribuan “suporter kardus” mulai memenuhi Borussia Park, markas Monchengladbach, saat mereka menjamu Union Berlin pada 31 Mei 2020.

Itu menjadi upaya adaptasi Die Fohlen saat Bundesliga melarang kehadiran penonton karena pandemi Covid-19. Klub mematok sejumlah biaya untuk tambahan finansial maupun program amal. Program unik itu akhirnya diikuti sejumlah tim seperti Brighton & Hove Albion, Wolverhampton Wanderers, hingga klub Liga 1, Persela Lamongan.

Baca Juga: Persis Solo Siapkan Proyek Mega Store untuk Merchandise

 

Butuh Izin

Isna mengaku bakal berkomunikasi lebih lanjut dengan manajemen Persis ihwal usulan tersebut. Pihaknya memahami ada regulasi maupun izin yang perlu dipenuhi sebelum merealisasikan program.

Disinggung apakah program yang diusulkan suporter tersebut bakal berbayar seperti klub-klub Eropa, Isna menyebut hal itu belum dibahas. “Belum sampai arah sana. Kami masih fokus ke izinnya dulu apakah memungkinkan. Kalau oke, baru kami membahas hal teknisnya,” kata dia.

Suporter Persis asal Laweyan, Restu, mendukung wacana pemasangan wajah suporter di Stadion Manahan. Dia mengaku tak masalah merogoh sejumlah kocek untuk nyengkuyung rencana itu.

Baca Juga: Solo Tuan Rumah Liga 2, Transportasi hingga Tempat Latihan Siap Digunakan  

“Saya pikir ini kreativitas yang menarik. Mungkin bakal lebih mengena kalau dana yang terkumpul nanti bisa untuk program sosial,” ujarnya.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago