SOLOPOS.COM - Pongky Suryo Triwati (Espos/Lutfiyah)

Pongky Suryo Triwati (Espos/Lutfiyah)

Penyakit kaki tangan dan mulut atau hand foot mouth disease (HFMD) mulai mewabah di beberapa daerah di Soloraya. Di Wonogiri, menurut catatan Dinas Kesehatan setempat, penyakit ini menyerang warga di Kelurahan Wonokarto, sementara di Sukoharjo penyakit tersebut ditemukan di lima kecamatan sejak akhir April dengan jumlah 36 kasus dan dilaporkan terjadi peningkatan.
Di Boyolali baru-baru ini juga ditemukan kasus penyakit HFMD di tiga kecamatan dengan jumlah penderita 17 orang. Kabupaten Karanganyar juga tak luput dijangkiti penyakit ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Merebaknya penyakit HFMD atau virus singapura menurut dokter spesialis anak Rumah Sakit Panti Waluyo, Pongky Suryo Triwati, harus diantisipasi. Apalagi, penyakit tersebut cepat menular.
“Dulu penyakit ini musiman tapi sekarang kasus penyakit HFMD ditemukan hampir sepanjang tahun. Musim kemarau dan pancaroba biasanya juga banyak karena polusi,” katanya kepada Espos, Senin (28/5).
Dia mengatakan secara khusus tidak ada terapi spesifik untuk mengantisipasi serangan penyakit HFMD. Yang terpenting selalu menjaga kebersihan, cuci tangan dan mandi menggunakan antiseptik serta makan dan minum yang cukup serta bergizi. Untuk menjaga daya tahan tubuh, lanjutnya, disarankan mengonsumsi buah-buahan berwarna kuning dan merah seperti tomat, jambu biji, pepaya, jeruk manis, pisang dan juga mengonsumsi sayuran hijau.
“Secara umum untuk melawan semua penyakit perlu vitamin dan mineral. Semua itu bisa didapat dari kandungan buah-buahan,” katanya.
Bagi anak yang terserang penyakit tersebut, menurut Pongky, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit, puskesmas atau pelayanan medis lainnya. Anak-anak yang terindikasi terkena penyakit virus singapura sebaiknya istirahat total di rumah, minum obat antivirus dan jaga kebersihan.
Kabid Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Solo, Purwati, mengatakan pencegahan penyakit HFMD dapat dilakukan dengan cara perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti makan, gizi seimbang dan olahraga teratur. Selain itu, lingkungan yang sehat juga dapat menunjang pencegahan penyakit virus itu.
“Kalau daya tahan tubuhnya kurang baik bisa cepat tertular penyakit HFMD. Kalau ingin melalukan aktivitas seperti makan wajib cuci tangan menggunakan sabun, orangtua yang ingin memegang atau menggendong anak terutama balita juga sebaiknya cuci tangan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya