top ear
Ilustrasi rebahan atau tiduran. (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi rebahan atau tiduran. (Freepik)

Hey, Kaum Rebahan! Ini Trik Membakar Kalori saat Tidur

Inilah trik agar bisa membakar kalori secara optimur meski saat tidur dan tubuh tak bergerak banyak.
Diterbitkan Senin, 10/08/2020 - 20:28 WIB
oleh Solopos.com/Ginanjar Saputra/Yunita Dewi Nur Rohmah
2 menit baca

Solopos.com, SOLO — Selain aktifitas fisik, ternyata tidur dapat membakar kalori pada tubuh. Pada saat tubuh terlelap, proses pembakaran kalori tetap berlangsung.

Jika Anda ingin pembakaran kalori saat tidur lebih optimal, terdapat kiat-kiat tertentu yang harus Anda lakukan. Dikutip dari dari Times of India, Jumat (7/8/2020), berikut trik membakar kalori dengan optimal saat terlelap:

Hindari Alkohol Menjelang Tidur

Meminum segelas anggur ataupun koktail menjelang tidur tidak baik untuk berat badan Anda sekaligus dapat menghambat kemampuan tubuh memproses pembakaran kalori. Hal ini terjadi karena tubuh sedang fokus terhadap metabolisme alkohol di malam hari.

PSI Resmi Dukung Gibran-Teguh di Pilkada Solo

Latihan Otot

Dengan melakukan latihan otot atau yang biasa disebut kardio dapat membakar kalori pada tubuh Anda. Olahraga kardio juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan dapat membakar lemak serta kalori lebih cepat saat sedang beristirahat atau tidur. Pasalnya, pembakaran lemak akan terus terjadi hingga 24 jam meskipun tubuh melakukan istirahat atau tidur.

Kurangi Penggunaan Gadget

Jika Anda ingin mengurangi berat badan, kurangi penggunaan gadget di malam hari. Terdapat studi yang menemukan paparan sinar biru pada ponsel di malam hari dapat mengganggu produksi melatonin dalam tubuh.

PKS Sambut Baik Habib Rizieq-UAS Dijagokan Maju di Pilpres 2024

Melatonin berfungsi untuk meningkatkan kualitas tidur. Oleh karena itu paparan sinar biru dapat menghambat pembakaran lemak tubuh hingga dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Mandi Air Hangat

Dengan mandi air hangat sebelum tidur, dapat membantu meredakan ketegangan otot hingga dapat memperbaiki kualitas tidur. Selain itu, mandi air hangat juga dapat memberikan ketenangan pada pikiran serta membantu tubuh untuk membakar lemak serta kalori saat tidur.

Makan Sedikit

Memakan makanan dengan porsi sedikit sepanjang hari dapat memberikan nutrisi pada tubuh secara teratur serta dapat membantu menstabilkan gula darah. Selain itu, dapat pula mempercepat metabolisme sepanjang hari dan membuat tubuh terus melakukan pembakaran lemak di malam hari.


Editor : Profile Ginanjar Saputra
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com


berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini