SOLOPOS.COM - Sejumlah pekerja menggunakan ruang kerja self desk di El Samara Coworking Space, Selasa (7/2/2023). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO – Hetero Space Solo di Jalan Urip Sumoharjo aktif menjadi rumah bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun pelaku usaha rintisan atau startup. Program Hetero Business Leap digeber untuk para pelaku UMKM agar bisa berlari kencang menuju atmosfer digital.

Hetero Space Solo dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada Desember 2021. Ruang kerja bersama itu dikelola Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah bekerja sama dengan Impala. Di Jawa Tengah, ada tiga Hetero Space yang bisa dimanfaatkan pelaku industri ekonomi kreatif dan UMKM, yakni Semarang, Solo, dan Banyumas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hetero Space Solo menempati gedung bekas Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo di pinggir Jl. Urip Sumoharjo. “Ekonomi kreatif bakal menjadi salah satu kekuatan dan pilar ekonomi. Salah satunya melalui kolaborasi UMKM dan usaha rintisan atau starup yang dikembangkan di Hetero Space Solo,” kata Space Manager Hetero Space Solo, Haren Tambi, saat ditemui Solopos.com, Selasa (7/2/2023).

Ekspedisi Mudik 2024

Pada 2023, para pelaku industri kreatif dan UMKM diajak melek digital lewat program Hetero Business Leap. Mereka bakal mengikuti pelatihan sebanyak 10 kali secara offline yang diampu oleh mentor-mentor andal di bidangnya.

Adapun 10 tema dalam pelatihan erat hubungannya dengan finance, branding, marketing, dan e-katalog. “Khusus tahun ini, para peserta pelatihan Hetero Business Leap harus mengikuti seluruh materi pelatihan. Tidak bisa hanya sekali atau dua kali pelatihan. Sehingga, diharapkan materi yang diberikan mentor bisa diimplementasikan oleh para pelaku UMKM,” ujar dia.

Materi pelatihan, lanjut Haren, seperti menghitung harga pokok penjualan (HPP) dan pembukuan keuangan secara sederhana di bidang finance, menciptakan brand awareness di bidang branding. Kemudian copywriting, pengenalan Facebook Ads, dan analisis Facebook Ads.

Para peserta pelatihan juga akan dibimbing untuk menampilkan foto produk yang menarik, e-katalog Whatsapp bisnis, dan video produk iteraktif. “Di Hertero Space Solo juga sering digunakan untuk kegiatan atau pertemuan Paguyuban UMKM Surakarta (PUS) dan pelaku ekonomi kreatif lainnya,” ujar dia.

Lebih jauh, Haren menyampaikan Hetero Space Solo merupakan coworking space dan creativ hub yang berfungsi sebagai sentra belajar para pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kreatif. Hetero Space Solo memiliki sejumlah ruangan, seperti komunal area, maker space, private office, meeting room, studio, serta event space. “Kami juga menggandeng perguruan tinggi serta komunitas e-sport di Solo. Ada gaming area yang bisa digunakan pegiat e-sport untuk berlatih dan mengasah keterampilan,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya