Hercules TNI AU Kirim 12 Ton Sembako untuk Korban Semeru

12 Ton sembako itu bantuan dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Ketum Dharma Pertiwi dan Ketum PIA Ardhya Garini.
Hercules TNI AU Kirim 12 Ton Sembako untuk Korban Semeru
SOLOPOS.COM - Sejumlah personel TNI Angkatan Udara menata bantuan bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (7/12/2021). (ANTARA/HO-Dispenau)

Solopos.com, LUMAJANG — Bantuan terus berdatangan untuk korban bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Satu pesawat C-130 Hercules milik TNI Angkatan Udara mengirimkan 12 ton bantuan, Selasa (7/12/2021).

Pesawat yang dipiloti Kapten Pnb Mikko dan Lettu Pnb Adam itu terbang melalui Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Indan Gilang Buldansyah, saat meninjau loading Bansos di Lanud Halim Perdanakusma Jakarta, mengatakan, 12 ton sembako itu bantuan dari Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Ketum Dharma Pertiwi dan Ketum PIA Ardhya Garini.

“Hari ini TNI AU menerbangkan satu pesawat C-130 Hercules membawa 12 ton bantuan berupa barang yang sifatnya mendesak dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru,” kata Indan dalam siaran persnya yang dikutip Antara.

Pesawat C-130 Hercules A-1318 dari Skadron Udara 31 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta itu terbang menuju Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Baca Juga: Pasutri Korban Semeru Bertemu setelah 24 Jam Terpisah Tanpa Komunikasi 

Setibanya di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Bansos langsung didistribusikan ke sejumlah posko-posko pengungsian yang ada di Kabupaten Lumajang.

Bansos yang dikirim itu berupa makanan siap saji, sembako, obat-obatan, tenda pengungsi, kasur, selimut, karpet dan sejumlah perlengkapan lainnya yang dibutuhkan warga di lokasi pengungsian.

Partai Demokrat mendirikan posko medis di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang, untuk memberikan layanan kesehatan bagi warga korban letusan Gunung Semeru.

“Posko medis itu terdiri dari lima dokter, tiga tenaga medis, dan dua tenaga operasional,” kata Kepala Badan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat DPP Partai Demokrat, Ali Muhammad Suharli, sebagaimana dikutip dari siaran resmi partai, Selasa.

“Biasanya H+3 hingga H+5 setelah bencana akan muncul kasus-kasus seperti ISPA (infeksi saluran pernapasan atas), diare, dan pneumonia,” kata dia.

Ia menyampaikan tim medis tiba di lokasi bencana, Senin (6/12/2021), dan langsung memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Selasa.

Baca Juga: Gunung Semeru Meletus, Merapi & 2 Gunung Lain Siaga 

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP telah dikerahkan untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru.

“Sejak Minggu (5/12/2021), Baguna PDIP telah bergotong-royong, membantu evakuasi pengungsi, pembuatan dapur umum, hingga bantuan selimut, masker dan obat-obatan,” kata Hasto dalam siaran persnya, di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, Baguna PDIP Provinsi Jatim memimpin tanggap darurat dengan dibantu Baguna dari DPC Lumajang, Surabaya, dan pada Selasa ini diperkuat dengan DPC Malang, Jember, dan Banyuwangi.

Guna mengoordinasikan penanganan bencana, lanjut Hasto, Ketua Umum Partai Megawati Soekarnoputri menugaskan Ribka Tjiiptaning, Sri Rahayu, dan Sadar Restu untuk memimpin gerak Baguna di dalam membantu rakyat korban letusan Gunung Semeru.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago