SOLOPOS.COM - Ilustrasi hepatitis akut misterius. (shutterstock.com)

Solopos.com, JAKARTAKementerian Kesehatan (Kemenkes) mendapatkan temuan baru yang menunjukkan penularan penyakit hepatitis akut misterius dapat tersebar melalui udara dan makanan.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan hal tersebut lantaran adanya dugaan yang dikuatkan karena beberapa temuan adenovirus pada pasien yang terkena penyakit tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami menduga penularan dari pada hepatitis akut berat ini diperkirakan dengan dua cara yaitu melalui udara karena ada kecurigaan dengan adanya virus adenovirus. Kemudian virus hepatitis sebagian besar menyebar menularkan melalui makanan fecal oral,” katanya kepada wartawan, Senin (16/5/2022), seperti dikutip Bisnis.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Penerapan Protokol Kesehatan Cegah Anak Tertular Hepatitis

Oleh sebab itu, Nadia mengimbau agar masyarakat diharapkan selalu memastikan asupan yang dikonsumsi dalam kondisi yang higienis dan memperhatikan kebersihan tangan.

Tidak hanya itu, dia mengatakan untuk mencegah penularannya, masyarakat juga perlu memperketat protokol kesehatan, salah satunya selalu menggunakan masker, apalagi kondisi Covid-19 di Indonesia belum hilang 100 persen.

“Tentunya menerapkan kebersihan dan sanitasi personal dan cuci tangan menggunakan alat makan yang terpisah itu yang harus dipastikan orang tua terhadap anak-anaknya. Kedua adalah menggunakan masker ini juga tetap penting sebagaimana kita tahu pandemi Covid-19 belum berakhir,” kata Nadia.

Baca Juga: Dokter Ingatkan Orang Tua Tak Panik Saat Temukan Gejala Awal Hepatitis

Sebelumnya, Kemenkes melaporkan 18 kasus hepatitis akut misterius yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia.  Pemerintah Indonesia sampai saat ini belum menemukan sumber dari persebaran penyakit tersebut.

Persebaran tertinggi terjadi di DKI Jakarta yakni sebanyak 12 kasus. Dilanjutkan Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur dengan masing-masing satu kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya