SOLOPOS.COM - Petugas merawat dan mengecek kondisi alat-alat yang digunakan untuk uji kir di Kantor Dishub Karanganyar belum lama ini. Pengecekan dan perawatan dilakukan lantaran Kementerian Perhubungan akan mengecek kelayakan alat uji kir dalam waktu dekat. (Solopos.com-Dishub Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR — Dinas Perhubungan (Dishub) Karanganyar merawat dan memastikan kelayakan alat uji kir yang ada di Kantor Dishub Karanganyar selama beberapa hari ini. Hal tersebut sebagai bentuk persiapan lantaran alat-alat uji tersebut bakal diperiksa Kementerian Perhubungan dalam waktu dekat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dishub Karanganyar, Sri Suboko, kepada Espos Jumat (6/11/2020). Dia menjelaskan perawatan dilakukan di seluruh alat yang digunakan untuk uji kir.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Peluang Bisnis: Ternak Ayam Bisa Dibantu Teknologi

Setidaknya, terdapat 10 jenis alat uji kir yang dicek kondisinya sebelum diperiksa oleh Kementerian Perhubungan.

"Semuanya kami cek, ada alat uji emisi, uji rem, tonase, dimensi, kelayakan lampu, dan lainnya. Secara garis besar memang masih layak semua, tapi memang hanya masalah teknis kecil seperti baut kendor dan yang elektrik beberapa ada yang harus diperbaiki,” jelas Suboko.

Semua Daerah Dicek

Suboko menjelaskan Kementerian Perhubungan nantinya dijadwalkan mengecek alat uji kir di Karanganyar bersamaan dengan jadwal di Dishub Sragen. “Kalau jadwalnya masih belum, tapi informasinya katanya akan dicek barengan dengan Sragen seperti tahun kemarin,” imbuh dia.

Terkait kondisi uji kir transportasi umum di Karanganyar saat pandemi, menurut Suboko tidak terpengaruh. Dia menjelaskan jumlah transportasi umum yang uji kir tidak mengalami penurunan signifikan.

5 Simbol Ini Kata Fengsui Bikin Rumah Penuh Rezeki

Hal ini lantaran uji kir merupakan kewajiban untuk menentukan kelayakan kendaraan umum dan angkutan barang agar bisa beroperasi di jalan.

"Masih sama, tidak ada penurunan. Pemilik kendaraan sudah sadar ini kewajiban. Walaupun tidak beroperasi kendaraannya tetap harus uji kir. Sampai saat ini masih berjalan normal,” beber dia.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Candra Mantovani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya