SOLOPOS.COM - Kompleks candi di Dataran Tinggi Dieng ini akan menjadi lokasi Dieng Culture Festival, 29-30 Juni 2013. (indonesiacountry.com)

Kompleks candi di Dataran Tinggi Dieng ini akan menjadi lokasi Dieng Culture Festival, 29-30 Juni 2013. (indonesiacountry.com)

Kompleks candi di Dataran Tinggi Dieng ini akan menjadi lokasi Dieng Culture Festival, 29-30 Juni 2013. (indonesiacountry.com)

Ingin melihat sajian kesenian yang unik di tempat yang istimewa akhir pekan ini? Silakan segera meluncur ke Dataran Tinggi Dieng karena akhir pekan ini ada kegiatan Dieng Culture Festival (DCF) IVyang digelar di kompleks Candi Arjuna, Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, 29-30 Juni 2013.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Hingga hari ini, semua persiapan sudah matang, termasuk kegiatan pelarungan yang kali ini akan dilaksanakan di Telaga Balekambang,” kata Ketua Panitia DCF IV Slamet di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Jumat. Dia mengaku sempat khawatir pergelaran DCF IV akan sepi dari pengunjung karena jalur utama menuju Dieng dari arah Wonosobo untuk sementara ditutup bagi kendaraan roda empat karena adanya perbaikan jalan.

Akan tetapi, kata dia, kekhawatiran tersebut telah sirna karena animo calon wisatawan untuk mengunjungi kegiatan DCF IV tetap tinggi. Menurut dia, hal itu terlihat dari puluhan homestay yang tersebar di desa-desa sekitar Dieng telah habis dipesan calon wisatawan. Bahkan, kata dia, rumah-rumah penduduk yang selama ini belum dijadikan homestay pun disiapkan guna dijadikan penginapan bagi wisatawan.

“Kami kerahkan semua potensi yang ada, termasuk dukungan dari desa-desa di sekitar Dieng, seperti Karangsari, Karangtengah, dan Kepakisan. Saat ini, sebagian wisatawan telah datang ke Dieng,” kata dia yang juga Kepala Desa Dieng Kulon.

Berdasarkan data yang diperoleh panitia, kata dia, hingga saat ini telah tercatat sekitar 6.000 calon wisatawan yang berencana menyaksikan pergelaran DCF IV. “Sejumlah biro perjalanan wisata melaporkan akan ke Dieng melalui jalur Banjarnegara, Batang, dan ada juga yang tetap lewat Wonosobo meskipun harus berganti kendaraan di sekitar gardu pandang karena adanya perbaikan jalan. Pengunjung yang menggunakan sepeda motor masih bisa melalui jalur Wonosobo,” kata dia menambahkan.

Mengenai permintaan anak-anak berambut gimbal yang akan mengikuti ruwatan massal, dia mengatakan bahwa seluruhnya telah dipenuhi. “Semua permintaan anak berambut gimbal yang hendak diruwat juga sudah dipenuhi, antara lain cincin, sepeda motor, dan kambing,” katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Banjarnegara Wahyono mengatakan bahwa DCF IV juga menarik perhatian Duta Besar Slovakia untuk Indonesia yang berencana hadir guna menyaksikan kegiatan tersebut.

“Partisipasi warga Dieng dan sekitarnya yang mayoritas berprofesi sebagai petani patut dihargai karena mereka bisa kompak dan secara sadar menjadi bagian dari keberhasilan penyelenggaraan DCF. Terbukti, minat ribuan calon pengunjung tidak terpengaruh oleh putusnya akses jalan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya