SOLOPOS.COM - Candi Borobudur. (Freepik.com)

Solopos.com, JAKARTA—Warga Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan DI Yogyakarta bakal mendapat tarif khusus untuk berwisata ke Candi Borobudur di Kabupaten Magelang. Tarif tersebut berbeda dengan yang ditetapkan pemerintah yaitu  Rp750.000 bagi wisatawan domestik yang ingin naik hingga ke area stupa Candi Borobudur dan telah membuat heboh masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tarif khusus bagi warga di Jateng dan DIY itu akan dipertimbangkan berdasarkan masukan dari masyarakat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia mengatakan warga lokal juga akan diajak untuk lebih berkontribusi. Nantinya semua turis harus menggunakan pemandu wisata (tour guide) dari warga lokal sekitar kawasan Candi Borobudur.

Baca Juga: Pembedaan Harga Tiket Kunci Atur Jumlah Pengunjung Candi Borobudur

Luhut juga memastikan rencana kenaikan tarif untuk turis asing menjadi 100 dolar AS (sekira Rp1,4 juta) tidak akan berubah. Begitu pula tarif untuk pelajar tetap sesuai rencana yang sebelumnya disampaikan, yakni Rp5.000.

“Sementara, untuk sekadar masuk ke kawasan Candi, tarifnya juga tetap di angka Rp50.000 seperti saat ini,” kata Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (5/6/2022).

Luhut menegaskan kenaikan tarif dan pembatasan kuota pengunjung maksimal 1.200 orang per hari untuk naik ke Candi Borobudur dilakukan untuk menjaga warisan budaya dunia tersebut.

Baca Juga: Harga Tiket Rp750.000 untuk Naik Candi Borobudur, Kawasan Rp50.000

“Candi Borobudur itu kan cagar budaya Indonesia yang ditetapkan sebagai situs Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Dengan relief yang sarat makna khususnya bagi umat Buddha dan kita umat manusia, penting bagi kita semua memberi perhatian khusus untuk menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara tersebut,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya