SOLOPOS.COM - Ilustrasi cacing. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Fenomena munculnya ribuan cacing keluar dari dalam tanah di Kota Solo dan kawasan Jatinom, Klaten, Jewa Tengah, menggegerkan warga.

Ribuan cacing itu keluar di pagi hari dan merayap ke permukaan sebelum akhirnya mati. Namun, ada juga ratusan cacing lain yang kembali lagi ke dalam tanah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kronologi Puluhan Dokter RS Kariadi Semarang Positif Covid-19

Fenomena ribuan cacing keluar dari dalam tanah itu membuat netizen berspekulasi. Ada beberapa yang menyebut hal itu terjadi akibat penyemprotan disinfektan yang begitu masif. Namun ada pula yang mengaitkannya dengan dugaan pergerakan tanah atau pertanda gempa bumi.

Ekspedisi Mudik 2024

Fenomena alam keluarnya ribuan cacing dari tanah pernah terjadi pada 2015 lalu. Dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (18/4/2020) keluarnya cacing dari tanah dalam jumlah banyak bukan satu-satunya pertanda adanya aktivitas pergerakan tanah yang besar.

Begini Riwayat Mahasiswa UNS Jadi Pasien Positif Corona di Solo

Fenomena alam itu bisa menjadi pertanda perubahan temperatur di bawah permukaan tanah. Hal itu lebih banyak terjadi akibat perubahan sekaligus sebagai tanda pergantian cuaca dari musim penghujan ke musim kemarau.

Cacing juga biasa keluar dari tanah yang basah sehabis diguyur hujan lebat. Kondisi tanah yang basah memaksa cacing tersebut keluar dari tanah yang menjadi habitatnya.

Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, saat hujan tanah menjadi basah. Kondisi ini menyulitkan cacing bergerak di dalam tanah.

Cacing Cari Pasangan

Update 18 April 2020: Kasus Positif Covid-19 di Indonesia 6.248 Orang, Sembuh 631

Nutrisi di dalam tanah juga menjadi lebih sedikit. Selain itu tanah yang basah menyulitkan cacing bernapas. Tanah basah juga tidak cocok bagi cacing untuk melakukan pembuahan eksternal.

Jadi, kondisi tanah lembap atau basah setelah hujan mendorong cacing ke atas untuk bernapas. Selain itu cacing keluar untuk mencari pasangan agar bisa bereproduksi.

Sampai saat ini, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan adanya kaitan fenomena munculnya ribuan cacing dari dalam tanah ke permukaan dengan kemungkinan gempa bumi.

Berkurang Lagi, Tinggal 3 Kelurahan di Solo Bersih dari Kasus Covid-19

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya