SOLOPOS.COM - Ilustrasi memilih bra atau bh. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Heboh isu wanita muslim boleh tak pakai bra menjadi perhatian warganet belum lama ini. Isu ini telah ditanggapi oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Wanita muslim boleh tak pakai bra itu sebelumnya diunggah oleh TEMANSHALIH.COM itu mengulas fakta Arab Saudi tentang hukum akhwat taaruf tanpa BH. Isi tulisan itu menyatakan seorang wanita boleh taaruf tanpa mengenakan BH. Namun, dia harus memakai busana yang menutup seluruh tubuh dengan benar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menanggapi tulisan tentang wanita muslim boleh tak pakai bra itu, Ketua Bidang Fatwa MUI, KH Afifuddin Muhajir, mengimbau perempuan selalu memakai pakaian sebagaimana mestinya. Dia juga tidak sepakat dengan tulisan tersebut.

Menurutnya wanita yang tidak pakai BH kurang sempurna. “Perempuan tanpa BH kurang sempurna. Pesan untuk perempuan muslimah, pakailah busana penutup aurat,” lanjut Afifuddin.

Baca Juga: Geger Isu Wanita Muslim Tak Boleh Pakai BH, Ini Respons Ketua MUI

Dari sisi kesehatan, apa dampak bila tidak pakai BH seharian? Apakah ada efek samping bila tidak memakai bra setiap hari?

Mengutip laman hellosehat.com, Kamis (7/10/2021), bra memiliki peran penting sama dengan pakaian. Namun terkadang, wanita juga merasa nyaman ketika tidak memakai bra setiap hari, apakah ada pengaruhnya?

Anda mungkin pernah mendengar mitos seputar payudara kendur adalah akibat dan efek dari tidak pakai bra seharian. Namun, mengutip dari Skeptical Inquirer, tidak memakai BH seharian tidak membuat wanita terhindar dari payudara kendur.

Pasalnya, payudara tetap bisa kendur meski wanita rutin melepas atau memakai bra.  Sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukan efek buruk atau bahaya dari tidak memakai bra setiap hari. Hanya, sebagian wanita mungkin merasa tidak nyaman bila tidak memakai bra seharian terutama di daerah tropis dan saat sedang berkegiatan di luar rumah.

Pasalnya, keringat bisa menempel di lipatan bawah payudara dan membuat Anda tidak nyaman. Keringat yang menempel terlalu lama pada area lipatan bisa memicu masalah kulit, seperti ruam dan biang keringat.

Baca Juga: Perempuan Lebih Mudah Kedinginan? Ini Penjelasan Para Ahli

Akan tetapi, memakai bra setiap hari tetap memberikan pengaruh baik untuk kesehatan. Sebagai contoh, menggunakan sport bra yang mampu mendukung dan menguatkan otot dada dan memperbaiki postur tubuh.

Terlalu sering menggunakan bra juga sering dikaitkan dengan risiko kanker payudara, sehingga membuat sebagian wanita memutuskan tidak pakai BH seharian. Lalu, haruskah wanita tidak memakai bra setiap hari untuk menghindari efek samping seperti kanker payudara?

American Cancer Society membantah hal tersebut. Mengutip dari situs resminya, belum ada penelitian yang menemukan hubungan antara pemakaian bra dengan risiko kanker payudara dan kelenjar getah bening.

Cancer Epidemiol Biomarkers melakukan penelitian pada 469 wanita yang sudah menopause, pada rentang usia 55 tahun-74 tahun. Hasilnya, ukuran lingkar dada pada bra, cup, dan penggunaan bra sehari-hari tidak berhubungan dengan karsinoma duktal dan karsinoma lobular yang termasuk ke dalam jenis kanker payudara.

Baca Juga: Ada Lingkaran Putih di Sekitar Kornea Mata Pertanda Kolesterol Tinggi?

Bra menjadi barang privat yang wanita butuhkan untuk membentuk tubuh agar tampak proporsional. Gunakan dan pilih bra sesuai ukuran payudara agar Anda nyaman seharian saat menggunakannya.

Di sisi lain, memakai bra adalah salah satu cara untuk merawat dan menjaga kesehatan payudara. Mengutip dari Humanitas University, bra bisa mencegah masalah tulang belakang, sakit punggung, dan memperbaiki postur tubuh.

Bra mampu mempertahankan postur dan posisi kelenjar susu dan otot dada pada tempatnya. Untuk persoalan kendur, payudara akan mengendur karena penuaan dan gaya hidup yang tidak sehat. Sebut saja, merokok, minum minuman beralkohol, dan tidak rutin berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya