SOLOPOS.COM - Ilustrasi peringatan Haul Habib Ali di Solo. (Dok. Solopos.com/Chrisna Canis Cara)

Solopos.com, SOLO — Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) mengimbau masyarakat atau jemaah dari berbagai daerah untuk tidak datang ke Kota Solo guna mengikuti acara peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

Setelah tahun lalu ditiadakan, peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi pada tahun ini rencana kembali digelar. Acara haul itu rencana digelar di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon, Solo, pada 25-26 November 2021 nanti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi selama ini selalu dihadiri ribuan jemaah. Tak hanya dari Soloraya, para jemaah yang ingin mengikuti acara haul itu ada juga yang berasal dari luar negeri.

Baca juga: Haul Habib Ali Ditiadakan, Kapolresta Solo: Tidak Terkait Perizinan

Banyaknya jemaah yang menghadiri Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi ini pun membuat Solo menjadi padat. Tidak hanya membuat jalanan menjadi ramai, okupansi hotel-hotel di Solo pun penuh.

Kendati demikian, kondisi itu berpotensi membuat kasus Covid-19 di Solo kembali melonjak. Terlebih lagi dalam kondisi pandemi Covid-19 yang hingga kini belum usai atau berakhir.

Oleh karenanya, Polda Jateng pun mengimbau masyarakat dari luar daerah untuk tidak datang ke Solo saat peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi digelar nanti.

“Saat ini kasus penularan Covid-19 belum berakhir. Oleh karenanya, kami imbau jemaah tidak perlu datang langsung ke Solo untuk mengikuti Haul Habib Ali. Jemaah cukup mengikuti acara haul itu dari rumah. Apalagi, acara haul itu juga akan disiarkan secara langsung melalui streaming Youtube,” ujar Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (13/12/2021).

Baca juga: Agenda Solo 24 Jam Menari Tidak Dibatalkan, Tapi Ditunda

Sementara itu, Muhammad bin Hasan, putra Habib Hasan, melalui kanal Youtube Masjid Riyadh Solo, juga menyampaikan imbauan kepada jemaah, terutama dari luar Solo, untuk tidak menghadiri acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi.

“Mempertimbangkan situasi pandemi saat ini dan untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19, untuk jemaah, utamanya dari luar Solo agar dapat menyaksikan rangkaian acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsy melalui live streaming di Youtube resmi Masjid Riyadh Solo dari rumah masing-masing,” ujar Muhammad bin Hasan.

Muhammad bin Hasan juga menyampaikan jika peringatan Haul Habib Ali tahun ini lebih dikhususkan untuk internal keluarga.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya