SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan lalu lintas. (manchestereveningnews.co.uk

Solopos.com, SOLO — Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo memetakan 19 simpang dan lima perlintasan sebidang di Kota Solo, Jawa Tengah yang menjadi lokasi rawan kemacetan selama Lebaran 2022.

Hal itu disampaikan Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno, saat konferensi pers, Senin (24/4/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jumlah tersebut belum termasuk pusat perbelanjaan, tempat kuliner, dan destinasi wisata yang berpotensi menimbulkan kemacetan.

Berikut, 19 simpang yang menjadi lokasi rawan kemacetan di Kota Solo selama Lebaran 2022, di antaranya Bundaran Tugu Pamandengan dan Bundaran Pasar Gede, Bundaran Gladag, Simpang Faroka, Simpang Kerten, dan Simpang Gilingan.

Selain itu, Simpang Coyudan, Simpang Loji Wetan, Simpang Sangkrah, dan Simpang Pasar Kliwon termasuk dekat dengan kawasan perbelanjaan diprediksi menjadi lokasi rawan kemacetan selama Lebaran 2022.

Baca Juga : Lebaran di Solo: Pasar, Mal & Tempat Wisata Jadi Fokus Perhatian Dishub

Di kawasan selatan Kota Solo, lokasi rawan kemacetan berada di Simpang Dawung. Lokasi tersebut merupakan salah satu lokasi traffic counting yang ditentukan Dishub karena menjadi akses keluar masuk kendaraan dari arah selatan.

Baru setelahnya ada Simpang Ketandan, Simpang Klodran, Simpang ABC, Simpang Gendengan, Simpang Nonongan, Simpang Ngemplak, Simpang Tugu Wisnu, dan Simpang Girimulyo.

Selain itu, ada Simpang Mojosongo yang menjadi lokasi rawan kemacetan.

Stasiun Balapan

Selain 19 simpang, simpul transportasi di Kota Solo juga berpotensi menimbulkan kemacetan pada masa Lebaran 2022.

Baca Juga : Makin Padat! Tempat Makan dan Belanja Di Solo Mulai Diserbu Pengunjung

Hari mengatakan setidaknya ada lima simpul transportasi yang berpotensi macet.

“Perlu diwaspadai titik simpul transportasi berpotensi menimbulkan kemacetan. Di Terminal Tirtonadi, Purwosari, Stasiun Balapan, Stasiun Jebres, dan fasilitas integrasi Kerten, Terminal balapan,” jelas Hari.

Simpang Stasiun Balapan misalnya, kata dia, lokasi tersebut sangat berpotensi macet mengingat pintu keluar masuk berada di bibir jalan.

Pintu masuk barat dan parkir Stasiun Balapan Solo berada di dekat simpang pertemuan antara Jl. Hasanudin, Jl. Gajahmada, dan Jl. Mongonsidi.

Baca Juga : Hindari Jalur Ini di Solo, Rawan Macet Saat Arus Mudik – Balik Lebaran

Simpang ringin semar atau depan Gereja Santa Perawan Maria Regina Purbowardayan juga dicatat menjadi lokasi rawan kemacetan.

Selain simpang dan simpul transportasi, perlintasan sebidang kereta api di Kota Solo juga menjadi lokasi rawan kemacetan.

Di antaranya, perlintasan sebidang S. Parman, Pasar Nongko, Viaduk Gilingan, Urip Sumoharjo, dan Palang Joglo.

Hari berharap kendaraan dari arah barat yang melintas di Simpang Joglo dapat berkurang mengingat Simpang Joglo selalu macet pada hari-hari biasa.

“Palang Joglo itu mudah-mudahan kendaraan [dari] barat bisa berkurang.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya