Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Hati-Hati, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Gangguan Tidur

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gangguan tidur. Salah satunya bekerja sif malam. Agar kualitas tidur bisa terjaga baik meski bekerja sif malam, perhatikan hal berikut.
Hati-Hati, Hal-Hal Ini Bisa Menyebabkan Gangguan Tidur
SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebiasaan tidur yang buruk. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gangguan tidur. Salah satunya bekerja sif malam. Agar kualitas tidur bisa terjaga baik meski bekerja sif malam, perhatikan hal berikut.

Dokter Spesialis Penyakit Saraf RS JIH Solo, dr. Yetty Hambarsari, Sp.S, dalam Health Talk dengan tema Gangguan Tidur Pada Penyakit Neurologi yang disiarkan di Youtube RS JIH Solo, belum lama ini mengatakan gangguan tidur dapat disebabkan oleh beberapa faktor.

“Misalnya pada orang jet lag, kena sif kerja malam, mengerjakan tugas kuliah sampai dini hari juga bisa memicu gangguan tidur,” kata dia.
Meski pada beberapa orang yang memiliki tugas hingga dini hari, kemudian tidur setelah pukul 02.00 WIB dan bisa bangun pada pukul 10.00 WIB, hal itu juga tetap bisa berdampak.

“Walaupun kualitasnya tidur bagus tapi tidak sesuai dengan jam tidur orang normal,” lanjut dia.

Sementara untuk para pekerja yang memiliki sif kerja malam, menurutnya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar kualitas tidur tetap terjaga saat pulang kerja.

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Baca Juga: Antisipasi Diabetes Melitus Sejak Dini, Perhatikan Faktor Risiko Ini

Salah satu tipsnya adalah menjaga agar mata tidak terpapar cahaya secara langsung. “Pagi hari pada waktu pulang, diupayakan pakai kaca mata hitam untuk menghindari paparan cahaya langsung. Karena kalau kena paparan, akan menghambat [hormon] melatonin, yang dibutuhkan untuk irama tidurnya,” jelas dia.

Setelah sampai di rumah, dapat bekerja sama dengan keluarga di rumah untuk mendukung suasana rumah agar nyaman untuk beristirahat. Kondisi kamar juga dapat dibuat seperti malam hari dengan cahaya redup.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos

Selain itu gangguan tidur juga dapat terjadi pada kalangan lanjut usia yang biasanya akan mengalami gangguan kebiasaan keseharian. Termasuk dalam hal beristirahat. Pada orang-orang dengan masalah kesehatan, seperti adanya parkinson, epilepsi, gangguan gerak, trauma kepala, hingga pasien nyeri juga bisa mengalami gangguan tidur.

Baca Juga: Jangan Anggap Enteng Gigi Goyang, Ini Cara Mencegahnya

Bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi atau mengakses layanan, bisa langsung ke Rumah Sakit JIH Solo di Jl. Adisucipto No. 118, Jajar, Kecamatan Laweyan, Solo. Didukung oleh dokter, perawat, paramedis, dan staf yang profesional dan ramah dalam melayani pasien, JIH juga memiliki peralatan medis modern dan terbaru.

RS JIH Solo juga bisa dihubungi lewat email : [email protected], nomor telepon (0271) 746 9100, Gawat Darurat : 1-500-805, Whatsapp : +62811500805, Website: www.rs-jih.co.id/rsjihsolo, Instagram: @rs.jihsolo, Tiktok: @rsjihsolo, Facebook: @rsJIHSolo, Youtube: RS JIH Solo, serta Twitter @rsJIHSolo.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terpopular
    Indeks Berita
    Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
    Emagz Solopos
    Berita Terkini
    Indeks Berita
    Part of Solopos.com
    ISSN BRIN
    Punya akun? Silahkan login
    Daftar sekarang...
    Support - FaQ
    Privacy Policy
    Tentang Kami
    Kontak Kami
    Night Mode