SOLOPOS.COM - Ilustrasi Google Playstore. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Buat Anda pengguna ponsel Android, waspadai dua aplikasi ini. Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 1,5 juta kali untuk keduanya, kini telah dihapus dari Google Playstore.

Kabarnya, kedua aplikasi tersebut telah menjalankan adware. Adware menyajikan iklan pop-up yang menghasilkan uang bagi pengembangnya setiap kali iklan diklik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meskipun adware sering kali lebih menyebalkan daripada yang lain, iklan yang mengganggu dapat menyebabkan masalah bagi pengguna karena iklan terus berjalan di latar belakang, berulang kali mengganggu penggunaan dan menguras baterai.

Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie Camera, diperiksa oleh para peneliti di Wandera. Keduanya dilengkapi dengan sejumlah izin tambahan yang menunjukkan bahwa aplikasi tersebut dapat digunakan untuk perilaku yang lebih mengganggu jika diinginkan.

Kedua aplikasi diminta merekam audio, memungkinkan aplikasi menggunakan mikrofon untuk mendengarkan apa pun yang dikatakan pengguna di dekat perangkat kapan saja, serta sejumlah izin yang memungkinkan aplikasi untuk tetap ada di perangkat.

Sun Pro Beauty Camera awalnya dirilis pada September 2017 dan selama dua tahun di Play Store telah diunduh lebih dari satu juta kali. Funny Sweet Beauty Camera muncul pada Juli tahun ini dan diunduh lebih dari 500.000 kali hanya dalam dua bulan.

Keduanya diterbitkan oleh pengembang yang disebutkan, tetapi berhasil melewati pemeriksaan untuk toko aplikasi resmi Google.

“Ini bukan pertama kalinya kami melihat aplikasi buruk masuk ke toko aplikasi resmi. Sayangnya, pemeriksaan yang dilakukan oleh toko-toko resmi ini sebagian besar berfokus pada pengalaman pengguna,” kata Dan Cuddeford, direktur teknik penjualan di Wandera dilansir dari laman ZDNet.

“Penulis malware sangat pandai menyembunyikan fungsi jahat, tetapi biasanya ada beberapa tanda,” tambahnya.

Kedua aplikasi dikemas dengan alat berbahasa Mandarin yang mencegah APK dari aplikasi yang dibuka dan dianalisis. Para peneliti menunjukkan bahwa ini bukan jaminan atas niat buruk mereka karena fungsi yang digunakan oleh banyak aplikasi game, penggunaannya dalam aplikasi selfie sederhana berpotensi menimbulkan pertanyaan.

Kedua aplikasi tersebut sekarang telah dihapus dari Google Play store dan para peneliti merekomendasikan bahwa buat Anda yang telah mengunduh aplikasi tersebut, harap segera menghapusnya.

Untuk membantu menghindari menginstal malware Android dan aplikasi jahat, Wandera merekomendasikan agar pengguna memeriksa izin yang diperlukan aplikasi untuk menginstal dan menghindari melakukannya jika mereka menuntut terlalu banyak akses ke telepon.

Para peneliti juga merekomendasikan untuk melihat ulasan aplikasi Android, baik Sun Pro Beauty Camera dan Funny Sweet Beauty Selfie memiliki banyak ulasan bintang yang mengeluh tentang iklan pop-up yang mengganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya