SOLOPOS.COM - ilustrasi (ghillcreative.com)

ilustrasi (ghillcreative.com)

LONDON—Mengigau ternyata bukan satu-satunya fenomena unik yang terjadi pada saat orang tertidur. Salah satu penelitian baru-baru ini menyebutkan ada beberapa hal di luar dugaan yang kerap dialami orang saat tidur.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut beberapa di antaranya seperti dilansir BBC dan dikutip Newser.com, Minggu (1/12):

Ekspedisi Mudik 2024

Sleep Texting
Kondisi ini kerap dialami seorang pecandu gadget khususnya smartphone. Dalam kondisi tidur, mereka dapat menulis teks dan mengirim pesan layaknya saat sadar. Kasus ini mirip saat orang berjalan dalam tidur.

Sleep Eating
Beberapa orang kaget saat melihat bungkus permen berserakan di tempat tidurnya. Tanpa disadari mereka ternyata makan saat tidur. Kasus semacam ini disebut Nocturnal Eating Syndrome. Hal itu bisa menjadi masalah besar bagi orang yang tengah menjalani diet. Untuk mengatasi gangguan itu sebaiknya orang tidak tidur saat perut lapar.

Sleep Sex
Kasus semacam ini kerap disebut Sexsomnia. Orang dapat melakukan aktivitas seksual dalam kondisi tak sadar. Gangguan semacam itu dianggap sering memicu perkosaan dan pelecehan seksual. “Saat Anda tertidur, maka moral dan keputusan moral hilang sama sekali,” ujar seorang peneliti.

Gangguan Pernapasan
Gangguan semacam ini sering terjadi. Salah satu pemicunya adalah obesitas. Penerita bisa berhenti bernapas selama beberapa saat. Untung, ganguan semacam ini dapat diatasi dengan masker tidur.(newswire)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya