SOLOPOS.COM - Hasil undian Piala AFF 2022. (aseanfootball.org)

Solopos.com, JAKARTATimnas Indonesia berada dalam Grup A Piala AFF 2022 bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste. Hal itu sesuai hasil pengundian fase grup yang dilakukan AFF di Bangkok, Selasa (30/8/2022), seperti disiarkan laman AFF.

Perjumpaan dengan Thailand menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk mencatatkan kemenangan pertama atas tim berjuluk Gajah Perang itu sejak 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Terakhir kali Indonesia mampu menundukkan Thailand, negara dengan trofi juara Piala AFF terbanyak yakni enam piala, adalah ketika kedua tim bersua pada leg pertama final Piala AFF 2016, 14 Desember 2016, di Stadion Pakansari, Bogor.

Baca Juga: Shayne Pattynama Segera Susul Jordi-Sandy Gabung Timnas Indonesia

Pertemuan terbaru kedua tim terjadi pada partai puncak Piala AFF 2020, di mana Thailand akhirnya keluar sebagai kampiun setelah mengungguli Indonesia pada pertandingan dua leg.

Skuat Garuda takluk 0-4 pada leg perdana dan leg kedua tuntas dengan hasil imbang 2-2.

Sebagai informasi, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong juga belum pernah membawa skuatnya menang atas Thailand pada semua level umur tim nasional.

Baca Juga: Selangkah Lagi Jadi Pemain Timnas Indonesia, Jordi-Sandy Diingatkan Soal Ini

Sementara Filipina dan Kamboja bisa menjadi batu sandungan bagi Indonesia, yang dilatih Shin Tae-yong, jika lengah ketika berlaga di lapangan.

Adapun satu tempat lagi dalam Grup A akan diisi pemenang laga kualifikasi yang mempertemukan Brunei Darussalam dan Timor Leste. Pertandingan kualifikasi ini akan digelar dalam dua leg.

Pada Grup B Piala AFF 2022, Vietnam akan bersaing dengan Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos. Vietnam dan Malaysia pun menjadi unggulan untuk lolos dari fase grup tersebut.

Baca Juga: Selangkah Lagi Jordi Amat dan Sandy Walsh Perkuat Timnas Indonesia

Piala AFF 2022 yang diikuti total 10 negara akan digelar mulai 23 Desember 2022 sampai 15 Januari 2023. Tak seperti edisi sebelumnya yang mesti dilaksanakan terpusat lantaran pandemi Covid-19, Piala AFF terbaru akan kembali ke format seperti 2018 yaitu kandang dan tandang.

Semua tim dalam grup akan saling berhadapan dengan setiap tim akan dua kali bertanding kandang dan dua kali berlaga tandang.

Nantinya, dua tim terbaik dari setiap grup berhak melaju ke semifinal.

Baca Juga: Bermotif Ombak, Ini Makna Jersey Ketiga Baru Timnas Indonesia

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi Garuda.

Sejak Piala AFF digelar pertama kali pada tahun 1996, prestasi tertinggi Indonesia adalah menjadi peringkat kedua (runner up) yang diraih enam kali yakni pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, 2016 dan 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya