SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo jalani pengambilan swab di Setda Solo, Sabtu (25/7/2020). (Solopos-Mariyana Ricky P.D.)

Solopos.com, SOLO — Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo yang akrab disapa Rudy, kembali beraktivitas setelah hasil uji swab yang dilakoninya pada Senin (7/12/2020) menunjukkan negatif.

Sebelumnya, Wali Kota Rudy menjalani karantina mandiri dan bekerja dari rumah (work from home/WFH).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepada Solopos.com melalui pesan WhatsApp, wali kota menunjukkan salinan surat hasil uji swab dari RSUD Bung Karno Solo. Dalam salinan surat tersebut, Rudy, sapaan akrabnya, ditangani oleh dr. Kunti Dewi Saraswati.

“Swab hari pertama diperiksa tanggal 7 Desember dan hasil keluar 7 Desember. SARS CoV-2 negatif,” tulis keterangan itu, Selasa (8/12/2020).

Ekspedisi Mudik 2024

8 TPS di Solo Tergolong Rawan, Kapolresta: Tindak Tegas Pengganggu Kamtibmas!

Setelah mendapatkan hasil tersebut, Rudy kemudian meninjau Solo Techno Park (STP) yang rencananya bakal digunakan untuk karantina pemudik yang nekat saat libur lebaran Natal dan Tahun Baru.

STP akhirnya dipilih menggantikan Benteng Vastenburg sebagai rumah karantina.

Rudy menerangkan alasan mengganti rumah karantina itu karena atap gapura masuk bangunan cagar budaya itu akan lepas.

"Jadi harus diperbaiki dulu. Memperbaiki bangunan cagar budaya kan tidak cepat. Dan alternatif kedua Solo Technopark. Selasa (8/12/2020) mulai kami siapkan, makanya saya kunjungi,” ungkap Rudy.

Perantau Nekat Mudik ke Solo Dikarantina di Benteng Vastenburg, Begini Alurnya

Menanggapi hasil uji swabnya yang negatif, ia meminta masyarakat tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19.

Sempat Rapat Bersama

Protokol kesehatan itu seperti berolahraga rutin, mengkonsumsi makanan bergizi, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, tidak berkerumun dan menjaga jarak untuk keselamatan kita bersama.

“Iya, negatif. Protokol kesehatan menjadi kunci utama pencegahan,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Rudy sempat berkontak dengan dua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkonfirmasi positif Corona. Selain Rudy, belasan pejabat lain yang sempat rapat bersama juga ikut diuji swab.

Sikap Abstain PKS Pada Pilkada Solo 2020 Dinilai Justru Jadi Blunder, Ini Alasannya

Dua pejabat tersebut adalah Kepala Bagian Organisasi dan Kepala Bagian Hukum. Rudy juga mengaku dirinya juga sempat berkontak dengan pasien positif lainnya, yakni sopir istrinya.

"Mas Joko, driver istri saya positif, semua kena tracing. Penghuni Rumah Dinas Loji Gandrung diswab semua, tidak ada yang positif. Istri saya juga negatif,” kata dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya