top ear
Ilustrasi tes virus corona atau Covid-19 (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi tes virus corona atau Covid-19 (Freepik)

Hasil Tes Negatif Corona, 7 ABK Kapal Pesiar AS Pulang Ke Klaten Tetap Karantina 14 Hari

Tujuh ABK pesiar yang baru pulang dari Amerika Serikat (AS) ke Klaten harus isolasi mandiri 14 hari meski hasil tes mereka negatif corona
Diterbitkan Jumat, 10/04/2020 - 17:01 WIB
oleh Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso
2 menit baca

Solopos.com, KLATEN -- Tujuh warga Klaten yang bekerja sebagai anak buah kapal atau ABK pesiar dan baru pulang dari Amerika Serikat (AS) tetap harus isolasi mandiri 14 hari meski hasil tes mereka negatif corona.

Ketujuh warga Klaten itu diminta melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing lantaran baru pulang dari wilayah zona merah pandemi Covid-19.

Mereka pulang ke Klaten pada akhir Maret hingga awal April lalu. Dari informasi yang dihimpun Solopos.com, ABK tersebut tersebar di sejumlah kecamatan seperti Bayat, Prambanan, dan Ngawen.

Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten, Sri Mulyani, mengatakan sudah dilakukan tes dan pemeriksaan kesehataan untuk antisipasi corona terhadap empat ABK.

Kartasura dan Baki Masuk, Ini Zona Merah Covid-19 Sukoharjo

Gugus tugas juga sudah mendapatkan hasil dari pemeriksaan tersebut. “Untuk ABK hasilnya negatif. Tetapi mereka tetap harus melaksanakan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari,” kata Mulyani saat ditemui di Pendopo Pemkab Klaten, Kamis (9/4/2020).

Koordinator Gugus Tugas Operasi Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Klaten,Cahyono Widodo, mengatakan empat ABK sudah diambil sampel untuk tes swab. Gugus tugas sudah menerima hasil tesnya dari laboratorium.

“Ada empat ABK yang dilakukan pemeriksaan swab dan hasilnya negatif. Hasilnya kami ketahui kemarin [Rabu, 8/4/2020]. Kondisi mereka biasa. Tidak menunjukkan gejala-gejala [terkena virus corona],” kata Cahyono yang juga Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten.

Ongkos Dibayar, Kasus Dugaan Penipuan Ojol Purwokerto-Solo Ditutup

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Klaten, Anggit Budiarto, menuturkan pemeriksaan tes swab dilakukan kepada empat ABK lantaran mereka pulang langsung dari Amerika yang masuk zona merah pandemi corona.

Tidak Mengalami Gejala

“Kenapa perlu dilakukan pemeriksaan itu [swab]? Karena beberapa ABK habis dari Miami, Amerika Serikat, salah satu daerah terjangkit. Salah satu dari empat ABK itu juga sempat ikut kapal berlabuh di Spanyol,” kata dia.

Anggit mengatakan sebenarnya kondisi mereka sehat, tidak ada gejala-gejala seperti demam. Namun pemeriksaan tetap dilakukan untuk antisipasi.

Update! 2 Lagi PDP Covid-19 Solo Meninggal Dunia, Pasien Positif Masih 4 Orang

Sementara itu, tiga warga Klaten yang juga menjadi ABK kapal pesiar dari Amerika Serikat tidak dites swab lantaran mereka juga tidak menunjukkan gejala seperti demam, batuk, atau pilek. Selain itu, ketiga orang itu sudah melakukan isolasi mandiri di kapal.

“Ketiga orang ini tidak menunjukkan gejala. Sebelum pulang, mereka masih di dalam kapal yang melakukan dry dock selama dua pekan. Saat proses itu hanya ada kru kapal, jadi semacam isolasi mandiri di kapal,” kata dia.

Bukan Warga Banyuanyar Solo, 2 Mayat Telanjang di Sajadah dari Tangerang dan Wonogiri

Saat pulang, lanjut Anggit, mereka sudah melewati pemeriksaan serta salah satu sudah menjalani rapid test dan hasilnya negatif.

Anggit menjelaskan ketujuh ABK itu saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Petugas kesehatan masih menyisir kemungkinan ada ABK kapal pesiar lainnya asal Klaten yang pulang guna diperiksa kondisinya.

Editor : Profile Suharsih
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja


berita terkait