SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel (Socialtikmag)

Hasil survei yang dilakukan UCWeb melalui UC Browser menghasilkan daya tentang orang Indonesia yang gemar akses Internet di kamar mandi.

Solopos.com, JAKARTA — Perusahaan Internet asal Tiongkok, UCWeb, menerbitkan hasil survei yang mengungkapkan seperti perilaku pengguna perangkat mobile di Indonesia, Kamis (12/12/2015).

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Sebagaimana diberitakan Liputan6.com, Kamis (12/11/2015), hasil survei tersebut terungkap dari analisis produk  peramban UCWeb UC Browser terhadap 19.682 penggunanya di seluruh Indonesia semester pertama 2015.

General Manager UCWeb Indonesia, Jonathan Zhong, mengungkapkan sebanyak 20% pengguna UC Browser Indonesia menghabiskan waktu lebih dari lima jam per hari untuk mengakses Internet. Lalu untuk konsumsi data, kebanyakan pengguna mengonsumsi data di atas 500 MB.

Menurut hasil survei, kamar mandi menjadi salah satu tempat pengguna Indonesia mengakses Internet, selain pada saat bersantai, menunggu seseorang atau sesuatu, di rumah atau menonton televisi, berkumpul dengan teman atau di kendaraan.

Kemudian, terkait fitur yang terpenting dari sebuah browser bagi pengguna, Zhong mengatakan kecepatan dan penghematan konsumsi data menempati posisi teratas.

“Pengguna mempertimbangkan kecepatan dan kompresi data sebagai fitur paling penting dari aplikasi browser di smartphone mereka. Mereka ingin merasakan pengalaman berselancar dan mengunduh yang cepat,” ujar Zhong, di ajang Tech in Asia Jakarta 2015.

Sementara itu, meski saat ini e-commerce sedang marak, diungkapkan hanya 3,1% dari pengguna Indonesia yang memasang aplikasi belanja pada perangkat mobile mereka. Tentu saja itu adalah temuan yang mengejutkan.

Sekadar untuk diketahui, UC Browser didukung oleh teknologi berbasis cloud, yang mampu mengompresi data sampai 60%. Karena itu, proses loading halaman berjalan lebih cepat dan data yang dikonsumi menjadi lebih hemat.

Dengan pencapaian pangsa pasar sebesar 49%, UC Browser saat ini menjadi mobile browser nomor satu di Indonesia. Bukan hanya di Indonesia, UC Browser juga juga populer di India.

Browser mobile andalan dari UCWeb dari perusahaan Alibaba Group, UC Browser, menjadi mesin web nomor dua paling populer di dunia.

Sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis, menurut layanan analisis independen untuk lalu lintas web, Stat Counter, browser mobile nomor satu tetap dipegang Chrome dengan pangsa pasar 34,38%. Kedua, pangsa pasar yang diraih UC Browser sebesar 16,82%, Di posisi ketiga, terdapat Safari dengan pangsa pasar 16,78%.

“Selain pencapaian posisi tinggi di pasar lokal kami di Tiongkok, pertumbuhan di luar negeri secara signifikan telah menyumbang pencapaian UC Browser untuk menjadi browser mobile nomor dua di dunia,” kata President Alibaba Mobile Business Goup, YU Yongfu.

Pencapaian terbaru tersebut diraih bersamaan dengan peningkatan yang konsisten di pasar-pasar luar negeri, misalnya dengan lebih dari setengah pangsa pasar browser mobile atau 51,9% untuk bulan September di India dan pangsa pasar 42,1%, untuk bulan yang sama di Indonesia.

Peluncuran UC Browser untuk Android dalam bahasa Indonesia telah dilakukan tahun 2012. Hal itu menjadi momentum bagi UC Web untuk memulai perjalanan di Indonesia. Sejak saat itu, popularitas mobile browser tersebut meningkat pesat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya