SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel (Socialtikmag)

Hasil survei menunjukkan orang Indonesia menggunakan aplikasi smartphone selama 32 jam setiap bulan.

Solopos.com, JAKARTA — Pernahkah Anda berpikir berapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna smartphone Indonesia untuk chatting dalam waktu satu bulan? Jawabannya mungkin beragam.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Akan tetapi, menurut hasil survei yang disampaikan lembaga riset Growth for Knowledge (GfK), orang Indonesia rela menghabiskan waktu memakai aplikasi pesan instan sebanyak 19 jam dalam sebulan.

Seperti diterangkan oleh Regional Director GfK Asia, Karthik Venkatakrishnan, dalam salah satu sesi konferensi yang diadakan di Social Media Week 2016, rata-rata pengguna smartphone di Indonesia bisa menghabiskan waktu 32 jam untuk memakai aplikasi apa saja dalam waktu sebulan. Sebanyak 19 jam di antaranya dipakai sebagai waktu chatting.

“Indonesia menjadi negara dengan jumlah penggunaan aplikasi dalam waktu paling banyak dibandingkan negara lain. Tercatat, orang Brasil hanya menggunakan aplikasi di smartphone-nya dalam waktu 20 jam, begitu juga dengan orang Jerman,” kata Karthik ditemui di sesi Social Media Week, Kamis (25/2/2016) kemarin.

Sementara, ia juga membeberkan pengguna smartphone di Belanda hanya menggunakan aplikasi smartphone sebanyak 17 jam dalam sebulan. Meski begitu, waktu penggunaan aplikasi pesan instan di semua negara tersebut sama dengan Indonesia.

Karthik juga mengungkap, terdapat 15 aplikasi favorit penggunanya berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan. Berikut 15 aplikasi smartphone yang paling sering digunakan sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, Sabtu (27/2/2016):

1. BBM
2. Whatsapp Messenger
3. Line
4. Facebook
5. Instagram
6. Google Play
7. Google Search
8. Clash of Clans
9. Path
10. Youtube
11. Facebook Messenger
12. Google Music
13. Pou
14. Google Gmail
15. Twitter

Hasil survei itu telah diadakan oleh GfK Asia bersama dengan Indonesian Digital Association (IDA) dan Baidu ke beberapa wilayah, antara lain Jakarta, Bodetabek, Bandung, Semarang dan Surabaya pada bulan Oktober-November 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya