SOLOPOS.COM - Ilustrasi tablet (istimewa)

Solopos.com, JAKARTA—  Perkembangan gadget dalam beberapa waktu terakhir semakin cepat. Namun, orang Indonesia ternyata lebih menyukai gadget jenis tablet dibanding produk lainnya. Tablet menjadi pilihan gadget idaman konsumen Indonesia berdasarkan jawaban 219 responden asal Indonesia yang berpartisipasi dalam survei online terbaru Microsoft.

Survei yang dilakukan sepanjang akhir tahun 2013 melibatkan lebih dari 1.300 responden di berbagai kawasan di Asia Pasifik dilakukan untuk memahami gaya hidup digital para konsumen dan pola belanja IT mereka di akhir tahun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tablet (38 persen) menjadi pilihan terpopuler dari konsumen Indonesia sebagai gadget untuk bekerja dan bermain diikuti dengan notebook dan ultrabook dengan persentase 31 persen pilihan responden.

Kepemilikan tablet di Asia Pasifik diprediksi meningkat drastis sepanjang 2014. Lembaga riset Canalys memperkirakan pangsa tablet akan mencapai 50 persen dari seluruh total pasar PC global (desktop, notebook dan tablet), dengan 285 juta unit terjual hanya di kawasan tersebut.

Survei menemukan bahwa media sosial adalah apps yang paling banyak dibuka (26 persen) sejak bangun pagi. Media sosial juga menjadi salah satu dari tiga apps paling populer yang digunakan saat di perjalanan menuju atau dari tempat kerja.

Mayoritas responden (53 persen) bahkan mengaku login ke akun jejaring sosial mereka sedikitnya satu kali setiap tiga jam.

Selain media sosial, apps messaging/chatting dan musik juga menjadi pilihan saat berada di perjalanan. Sebagian responden menyatakan bersedia mengeluarkan uang untuk membeli apps jenis ini, selain game, buku dan majalah digital, yang diakui paling layak untuk dibeli.

“Tampak jelas bahwa konsumen mengandalkan apps untuk tetap terhubung dengan orang-orang atau informasi yang penting bagi mereka. Mereka bahkan bersedia membayar lebih untuk konten yang bagus, seperti ditunjukkan oleh apps yang mereka beli,” kata Lucky Gani, Business Group Head, Windows Division, Microsoft Indonesia dalam siaran pers.

Saat ini lebih dari 100 ribu apps telah tersedia di Windows Store dan 175 ribu di Windows Phone Store terdiri dari berbagai kategori jejaring sosial, game, musik dan lain-lain.

Beberapa jejaring sosial terkenal yang ikut meramaikan Store di antaranya Facebook, Flipboard, Instagram, Vine, dan Waze. Di Indonesia, Twety Four, Save the Hamsters dan Icon Pop Brand merupakan game yang paling banyak diunduh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya