SOLOPOS.COM - Salah satu sudut kota Singapura (wikipedia.org)

Hasil survei IEP mengungkap peringkat negara paling aman di Asia Tenggara.

Solopos.com, JAKARTA — Indonesia berada di urutan ke-4 dalam peringkat negara paling aman se-Asia Tenggara. Sedangkan Brunei dan Timor Leste justru tidak masuk dalam survei yang digelar Institute for Economics and Peace (IEP) baru-baru ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir situs resmi IEP, Selasa (23/6/2015), Singapura menjadi negara paling aman di Asia Tenggara. Disusul Malaysia yang berada satu peringkat di bawahnya. Khusus Singapura, traveler yang sudah pernah ke sana pasti setuju kalau Singapura memang benar-benar aman untuk disambangi.

Laos mengutit di bawahnya yang juga diikuti Indonesia. Menariknya, jika dipakai skala rangking secara umum, Singapura dan Malaysia masih masuk 20 besar, yakni masing-masing peringkat 24 dan 28. Laos dan Indonesia, berada puluhan peringkat di bawahnya, masing-masing di peringkat 41 dan 46.

Hal ini bisa dilihat dari data IEP yang melansir daftar negara paling aman di dunia yang bertajuk Global Peace Index 2015. Suatu rangking 162 negara paling aman di dunia. Penilaian yang dilakukan dilihat dari faktor tingkat kriminalitas, kasus teroris, impor senjata, teror politik sampai tingkat hunian penjara. Totalnya, terdapat 23 indikator yang dinilai.

IEP memang tidak menspesifikasikan negara-negara yang paling aman di Asia Tenggara. IEP hanya mengkelompokan dalam kategori “Asia-Pasifik”.

Catatan menarik dalam data tersebut adalah keberadaan Indonesia yang masih ada di atas Vietnam, Kamboja, Myanmar dan Filipina (di posisi paling buncit). Entah mengapa, IEP tidak memasukan Brunei Darussalam.

Inilah urutan negara paling aman di Asia Tenggara versi IEP:

  1. 1. Singapura
  2. 2. Malaysia
  3. 3. Laos
  4. 4. Indonesia
  5. 5. Vietnam
  6. 6. Kamboja
  7. 7. Thailand
  8. 8. Myanmar
  9. 9. Filipina

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya