SOLOPOS.COM - ilustrasi seorang anak memainkan game bertema kekerasan (dailymail.co.uk)

Hasil survei Kaspersky mengungkap delapan aktivitas online anak-anak seluruh dunia.

Solopos.com, JAKARTA — Laporan terbaru Kaspersky Lab menunjukkan anak-anak di seluruh dunia menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan cara menggunakan alat komunikasi seperti jejaring sosial, e-mail, chatting sebesar 67% dari keseluruhan aktivitas online.

Promosi Moncernya Industri Gaming, Indonesia Juara Asia dan Libas Kejuaraan Dunia

Sementara itu, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (11/6/2016), kegiatan bermain website game sebesar 11% dan situs yang berisi informasi tentang alkohol, narkotika dan tembakau sebesar 9% masing-masing menempati posisi kedua dan ketiga.

Hal itu juga menunjukkan perbedaan aktivitas online yang diminati oleh anak-anak di berbagai negara. Kaspersky Lab melaporkan kategori paling populer bagi anak-anak di Meksiko 86%, Rusia, Brasil dan Italia sedikit di atas 70% adalah media komunikasi melalui Internet.

Sementara yang paling sedikit menggunakan media komunikasi selama periode ini adalah anak-anak di Tiongkok sebesar 30%, Jerman sebesar 31% dan Inggris sebesar 32%.

Hal yang menarik adalah kurang populernya kategori ini di sebuah negara, semakin populer kategori game komputer di negara tersebut. Anak-anak di Inggris 28%, Jerman 26% dan Australia 21% yang paling sering bermain game online. Sementara anak-anak di Meksiko 4% Italia 6% dan Jepang 7%  kurang sering melakukannya.

Dalam hal menonton video, mendengarkan musik dan mengunduh software, sangat jelas anak-anak di Jepang menempati urutan teratas 12% dari keseluruhan notifikasi Parental Control.

Mereka juga lebih sering berbelanja online 17%, sama halnya dengan anak-anak dan remaja di Tiongkok sebesar 20%. Kategori alkohol, tembakau dan narkotika meraih notifikasi Parental Control paling banyak di Jerman 23% dan Inggris 25%.

Sementara, konten dewasa memunculkan notifikasi Parental Control terbanyak bagi anak-anak yang tinggal di Tiongkok 23% dan Jepang hanya 5%. Topik ini menjadi topik yang kurang menarik bagi anak-anak di Inggris dan Amerika Serikat kurang dari 1%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya