SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel (Socialtikmag)

Hasil survei yang dilakukan Periklanan Mobile dan Asosiasi Periklanan Mobile menyebutkan ada tiga konten favorit netizen Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Menurut hasil survei terbaru situs dan aplikasi jejaring sosial, toko mobile atau laman provider dan olahraga merupakan tiga konten favorit yang sering diakses oleh netizen atau pengakses Internet lewat perangkat mobile di Indonesia.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu terungkap dalam laporan dan hasil survey Kuartal III 2015 Periklanan Mobile di kawasan Asia Pasifik dan Oseania dari Opera Mediaworks dan Asosiasi Periklanan Mobile (MMA).

“Indonesia menempatkan situs dan aplikasi jejaring sosial merupakan pemuncak konten yang kerap diakses oleh pengguna Internet mobile di sana dengan kontribusi sebesar 38%,” tulis laporan tersebut seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Rabu (25/11/2015).

Sementara di urutan kedua toko mobile dan laman provider berkontribusi sebesar 22% akses Internet mobile, diikuti 12% kunjungan ke laman-laman seputar olahraga.

Tingginya akses ke toko mobile atau laman provider di Indonesia tidak lepas dari masih tingginya penggunaan feature phone, di tengah pertumbuhan pesat smartphone di kawasan Asia Pasifik dan Oseania.

Indonesia menjadi satu dari tiga negara yang penggunaan feature phone untuk mengakses Internet mobile masih tergolong besar, bersama-sama dengan Vietnam dan Filipina, menyumbangkan kontribusi total penggunaan feature phone sebesar 30,4% di enam negara besar kawasan Asia Pasifik.

Enam negara tersebut disebut sebagai The Power 6 atau P6, terdiri dari India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Di enam negara tersebut penggunaan smartphone bersistem operasi Android untuk mengakses Internet mobile telah mencapai 67,1%.

Hal terbalik justru terjadi di Australia yang memperlihatkan dominasi perangkat bersistem operasi IOS, dengan kontribusi 68,5% dibandingkan 30,7% perangkat Android.

Berkaitan dengan tiga besar konten favorit yang diakses Indonesia memiliki komposisi yang mirip dengan India, bedanya di Negeri Sungai Gangga itu toko mobile dan laman provider menjadi yang tertinggi dengan kontribusi 40%, kemudian diikuti situs dan aplikasi jejaring sosial lebih dari 30% dan laman terkait olahraga sekitar 7%.

Berbeda lagi dengan hasil survei di Australia yang tiga besar akses Internet mobile didominasi konten hiburan sebesar 38%, olahraga 18%, berita dan informasi 14%, sedangkan di Malaysia toko mobile dan laman provider memimpin dengan 21%, games 17% dan utilities sebesar 13%.

Sementara dilansir Okezone, Rabu, di Indonesia, lebih dari separuh pengguna ponsel di Tanah Air masih menggunakan feature phone demikian pula yang terjadi di Vietnam dan Filipina.

Dari sisi ekonomi dan bisnis, pertumbuhan pesat jumlah pengguna smartphone di Asia tentunya memberikan peluang bagi para pemasar dan pengiklan termasuk di Indonesia, terutama dalam iklan video. Video memiliki dampak yang cukup tinggi dan paling efektif dibandingkan jenis iklan lainnya.

“Tipe iklan ini sangat efektif dalam menarik perhatian, menjalin keterikatan dengan audiens, dan akhirnya mengubah mereka menjadi konsumen mobile, sehingga di pasar seperti Australia, memiliki paparan video paling tinggi, pengiklan melihat hasil yang kuat dari kampanye rich-media,” ujar Managing Director Asia, di Opera Mediaworks, Vikas Gulati.

Menurutnya, apabila mengacu pada tingginya rasio impresi iklan video, Australia berada pada urutan tertinggi dengan 19% diikuti oleh Jepang 15% dan Indonesia di peringkat ketiga dengan 10%.

“Apabila dibandingkan dengan negara lain, Indonesia merupakan salah satu negara dengan tren dan perilaku pangsa pasar yang sangat majemuk, namun hal ini membuka peluang yang besar, khususnya pada segmen e-commerce, travel, dan games.” pungkas Vikas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya