SOLOPOS.COM - Ilustrasi belanja online (analisadaily.com)

Hasil survei terbaru menyebutkan orang Indonesia rata-rata belanja online tiga kali dalam sepekan.

Solopos.com, JAKARTA — Saat ini e-commerce menjadi sebuah wadah digital yang kian digandrungi banyak orang, khususnya bagi yang sudah tak canggung lagi menggunakan Internet. Bahkan, penetrasi penggunaan Internet orang Indonesia untuk berbelanja online kian tumbuh pesat.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Seperti dilansir Liputan6.com, Rabu (9/12/2015), berdasarkan data hasil survei yang disampaikan Facebook di press conference Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2015 Selasa (8/12/2015) kemarin, industri e-commerce Indonesia memang tengah berkembang pesat.

Meski pendapatannya masih kalah jauh dibanding negara-negara lainnya, seperti Tiongkok dan India, perlahan tapi pasti Indonesia bisa menyeimbangi dua negara tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

Head Retail & E-commerce Facebook Asia Tenggara, Deepesh Trivedi, mengungkap fakta menarik dan hasil survei terkait kebiasaan orang Indonesia saat berbelanja online.

Saat ini, orang Indonesia lebih memilih berbelanja online lewat smartphone ketimbang menggunakan PC atau tablet. Bahkan, pria yang akrab disapa Deepesh itu membeberkan orang Indonesia paling doyan belanja online tiga kali sepekan.

“Orang Indonesia lebih memilih berbelanja online di hari-hari biasa. Berdasarkan data yang telah kami survei, orang Indonesia lebih suka berbelanja online pada hari Senin, Kamis, dan Sabtu.”

Sementara itu, lanjut Deepesh, lebih dari 61% pengguna Facebook terhubung dengan Page, yang mana merupakan marketplace pengguna Facebook untuk berbelanja online.

“Di Facebook, 44% pembeli online di Indonesia mencari informasi produk atau mendapatkan rekomendasi yang membuat mereka berminat untuk membeli sampai kemudian melakukan pembelian. 27% Membeli sesuatu berdasarkan informasi yang mereka dapatkan, sementara 31% membeli berdasarkan rekomendasi,” tuturnya.

Selain itu, Deepesh juga mengungkapkan beberapa kategori barang terpopuler yang sering dibeli orang secara online. Kategori terbanyak yang menjadi favorit banyak orang adalah kategori Fashion dengan angka 71,6%, lalu kategori produk kecantikan dengan angka 20%.

Sementara gadget dengan angka 17,2%, disusul dengan kategori perjalanan dengan total 9,7%, dan terakhir ditutup dengan kategori buku dengan jumlah yang sama dengan kategori perjalanan.

Semarak Harbolnas 2015

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) digelar lebih meriah untuk tahun 2015. Pemilik lapak online  ingin berpesta lebih lama dalam menjajakan barangnya dengan bertabur diskon. Event tahunan yang sudah digelar untuk kali ketiga itu akan bergaung 10-12 Desember 2015.

Ketua Harbolnas 2015, Indra Yonathan, mengatakan penyelenggaraan yang lebih lama ini dikarenakan antusiasme masyarakat Indonesia untuk belanja online dari tahun ke tahun semakin besar.

“Kami melihat minat masyarakat Indonesia untuk belanja online terus meningkat. Maka dari itu, guna memberikan kenyamanan yang lebih kepada konsumen, kami memperpanjang penyelenggaraan menjadi tiga hari,” papar Indra, seperti dikutip dari Detik, Rabu.

Sejalan dengan antusiasme konsumen yang semakin meningkat, peserta Harbolnas melonjak dari yang tadinya 78 peserta di tahun 2014, menjadi 140 peserta di 2015. Semuanya terdiri dari pelaku e-commerce dengan beragam segmen, mulai dari fashion hingga otomotif.

Harbolnas sejatinya dicanangkan pada 12-12 alias 12 Desember di setiap tahun. Tanggal ini menjadi hari  semua penggiat bisnis e-commerce menggelar diskon gila-gilaan.

Para penggagas Harbolnas 2015 menggelar kegiatan ini sebagai bentuk gotong-royong para pelaku e-commerce untuk menumbuhkan industri penjualan online.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya