SOLOPOS.COM - Ilustrasi ponsel (Socialtikmag)

Hasil survei dilakukan GfK tentang kebiasaan online netizen Indonesia. Bagaimana hasilnya?

Solopos.com, JAKARTA — Dalam hasil survei yang dilakukan, lembaga riset GfK memaparkan hal menarik dari kebiasaan netizen atau pengakses Internet Indonesia. Apa saja yang diakses oleh netizen dari mulai bangun tidur sampai malam hari? Berikut urutannya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dikutip dari Detik, Kamis (17/3/2016), dari 1.521 panelis dan 775 responden yang ikut serta dalam survei yang dilakukan GfK, diketahui kalau rata-rata netizen di Indonesia bangun tidur mulai pukul 05.40 pagi. Aplikasi pertama yang dipakai adalah alarm.

Waktu berjalan dan mulai menyentuh pukul 07.05. Tak disangka layanan pesan instan Line ternyata menjadi aplikasi pertama yang diakses oleh netizen berdasarkan hasil survei. Layanan BBM baru dibuka setelah memasuki pukul 07.50.

Menginjak kantor atau mungkin kampus, bukan kerjaan yang dipegang. Pukul 09.07 malahan game Clash of Clans yang dilirik di layar ponsel. Tapi tak seberapa lama, karena ketika jam mengarah ke pukul 09.17 netizen sudah mulai melihat pesan Whatsapp yang diterimanya.

Sampai di sini netizen sepertinya serius bekerja sampai makan siang. Ponsel baru diutak-atik lagi setelah makan siang atau sekitar pukul 12.35 dengan mengakses Youtube. Kemungkinan netizen mengakses layanan video itu sembari menunggu waktu istirahat selesai.

Dari presentasi yang ditunjukkan GFK, sepanjang siang hingga malam aktivitas ponsel terbilang idle. Karena penggunaan ponsel sifatnya sekadar mengecek pesan masuk atau semacamnya. Mulai pukul 17.15 netizen lebih memilih online pakai laptop atau komputer di kantornya.

Mungkin sembari menunggu kemacetan untuk pulang, sejak pukul 17.15 tadi menggunakan komputer kantor netizen untuk mengakses berbagai konten di Internet. Sekadar mencari informasi atau hiburan, yang diakses antara lain adalah Youtube, Google, dan Facebook.

Aktivitas ini dilakukan hingga pukul 18.11 sebelum akhirnya netizen dalam survei mulai mengakses situs-situs manga. GfK mencatatkan mangaku.web.id dan animeindo.web.id menjadi situs yang paling sering diakses di jam tersebut.

Masuk ke pukul 19.16, netizen berburu informasi. Situs berita rujukannya versi survei GFK kali ini adalah detikcom, namun selang semenit kemudian netizen sudah beralih ke situs belanja. Aktivitas melihat-lihat belanjaan ini dilakukan hingga pukul 19.27.

Situs yang diakses selanjutnya sifatnya random, sepertinya netizen benar-benar sudah siap pulang di pukul 19.27. Menurut GfK di jam ini netizen sekadar browsing iseng.

Memasuki pukul 19.40, apakah sudah di rumah atau di jalan pulang, ponsel kembali menemani keseharian netizen. Tapi di waktu-waktu malam ini aktivitas online di ponsel tidak spesifik, mungkin karena sudah lelah atau memang sudah bosan dengan aktivitas seharian.

Seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis, dipublikasikannya hasil survei Studi Media Online menandakan konsumsi konten online terus meningkat seiring berkembangnya teknologi.

Survei ini telah dilakukan ke beberapa wilayah, antara lain Jakarta, Bodetabek, Bandung, Semarang dan Surabaya pada bulan Oktober-November 2015. Bagaimana dengan Anda, apakah aktivitas online sehari-hari Anda juga sama seperti yang dipaparkan oleh hasil survei GFK di atas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya