SOLOPOS.COM - Logo Piala Dunia 2022

Solopos.com, JAKARTA—Dua dari tiga orang Indonesia atau sekitar 180 juta orang berencana menonton dan mengikuti Piala Dunia 2022 di Qatar pada 21 November hingga 18 Desember 2022. Hal itu diungkap dalam riset terbaru dari perusahaan teknologi layanan pembelian inventori iklan The Trade Desk dan YouGov.

General Manager The Trade Desk Purnomo Kristanto mengatakan percepatan digital memengaruhi cara penggemar olahraga di Indonesia menikmati turnamen sepak bola terbesar dunia itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Riset tersebut menemukan bahwa satu dari tiga orang Indonesia berencana menggunakan platform over-the-top (OTT) untuk menyaksikan Piala Dunia. Hal itu menandakan perubahan perilaku penggemar olahraga karena tumbuh pesatnya saluran OTT dan connected TV (CTV) di internet terbuka.

Baca Juga: Dramatis, Adu Penalti Loloskan Australia ke Piala Dunia 2022

“Sembilan dari 10 orang menggunakan OTT atau streaming platform untuk menikmati sport highlight, analisa dari komentator. Menurut riset, hampir dua dari lima orang di bawah 44 tahun juga akan menggunakan OTT streaming untuk menonton Piala Dunia 2022,” kata Purnomo dalam temu media di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Perkembangan pesat dari TV digital dan peningkatan popularitas OTT kemungkinan mendorong peningkatan turnamen tersebut. Banyak orang Indonesia mulai menggunakan OTT sebagai salah satu sumber hiburan utama, termasuk penggemar olahraga.

Terlebih, pandemi Covid-19, menurut Purnomo, juga menjadi faktor pendorong peningkatan tren penggunaan OTT.

Baca Juga: Al Rihla, Bola Resmi Piala Dunia 2022, Ini Kelebihannya

“Kalau kita bandingkan dengan masa prepandemi di 2018 Piala Dunia itu bisa dilihat bahwa streaming platform atau OTT platform itu meningkat sekitar hampir tujuh persen. Jadi, ini menunjukkan bahwa dengan adanya pandemi itu juga meningkatkan konsumsi digital dari orang-orang Indonesia,” ujar Purnomo.

Lebih lanjut, dibandingkan dengan 2018, acara sepak bola global tahun ini akan menarik minat 24 juta lebih banyak orang Indonesia. Peningkatan antisipasi penonton sebesar sembilan tersebut, menurut Purnomo, merepresentasikan kesempatan berharga bagi pengiklan.

Menurut studi tersebut, hampir delapan dari 10 (78 persen) orang Indonesia adalah penggemar sepak bola yang aktif. Mereka mengikuti berita dan acara sepak bola setiap seminggu sekali atau lebih.

Baca Juga: Bersua Federasi Sepak Bola Belanda, PSSI Cerita Mimpi Indonesia ke Piala Dunia

Studi tersebut juga mengonfirmasi bahwa penggemar olahraga muda menjadi pendorong peningkatan konsumsi OTT. Hampir 40 persen penggemar olahraga yang berumur di bawah 44 tahun berencana untuk menggunakan saluran streaming OTT untuk mengikuti turnamen sepak bola tahun ini, dibandingkan dengan sekitar 20 persen orang Indonesia di atas 44 tahun.

Data terbaru menunjukkan bahwa penggemar umumnya mengakses konten olahraga melalui berbagai saluran internet terbuka, mulai dari OTT dan CTV hingga situs web dan aplikasi mobile.

Streaming dan membaca berita olahraga menjadi dua saluran paling penting bagi penggemar olahraga. Selain itu, pengikut Piala Dunia cenderung lebih memilih mengunjungi situs web dan aplikasi olahraga, yaitu 33 persen, dibandingkan populasi internet secara umum atau 26 persen.

Baca Juga: Jumlah Stadion Piala Dunia U-20 di Indonesia Mungkin Berkurang

Terkait penggunaan perangkat, penggemar olahraga umumnya menggunakan beberapa perangkat ketika berinteraksi dengan konten olahraga. Meskipun TV masih menjadi saluran yang disukai untuk menonton tayangan olahraga, yaitu sebanyak 64 persen, lebih dari setengah atau 55 persen orang Indonesia menyaksikan tayangan olahraga di lebih dari satu perangkat.

Di antara penggemar olahraga Indonesia, angka tersebut meningkat menjadi 61 persen, menandakan bahwa mayoritas penggemar olahraga sering berinteraksi dengan beberapa perangkat. Mereka memeriksa skor pertandingan lain (78 persen) dan mencari informasi di internet ketika menonton pertandingan (72 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya