SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik. (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

Solopos.com, JAKARTA–Para pemudik yang akan balik ke kampung halaman mendapat angin segar.

Baca Juga: Ingin Mudik Lebaran Lewat Tol Trans Jawa, Segini Tarif Tol Jakarta-Solo

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setelah Satgas Penanganan Covid-19 memberikan rambu-rambu bagi para pemudik yang sudah booster, kini pemerintah juga memberikan kelonggaran yang sama.

Dalam rapat koordinasi persiapan penyelenggaraan angkutan lebaran 2022 dan mudik Lebaran, Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan berdasarkan situasi pandemi yang semakin membaik dan semakin meningkatnya masyarakat yang sudah di vaksin, maka pemerintah pada tahun ini memperbolehkan masyarakat untuk mudik. Dimana, bagi masyarakat yang sudah vaksin ketiga tidak perlu melakukan testing (PCR atau antigen).

“Namun masyarakat tetap harus menerapkan prokes 3M yang ketat agar kasus Covid-19 semakin rendah,” jelasnya melalui keterangan resmi, Sabtu (2/4/2022).

Muhadjir mengatakan, kunci sukses penyelenggaraan angkutan lebaran adalah penyiapan armada moda transportasi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, serta penerapan disiplin prokes di simpul-simpul transportasi.

Baca Juga: Jokowi: Jangan Bandingkan Aturan Mudik Lebaran dengan Nonton MotoGP!

“Kita juga harus manfaatkan masa ini untuk terus meningkatkan angka vaksinasi dan kami imbau masyarakat untuk segera melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Menhub Budi Karya Sumadi menuturkan telah melakukan sejumlah persiapan dalam rangka mengantisipasi melonjaknya pemudik pada tahun ini yang diprediksi mencapai sekitar 79 juta orang.

“Kami tengah menyiapkan surat edaran petunjuk teknis pelaksanaan perjalanan di masa mudik dengan merujuk pada surat edaran dari Satgas Penanganan Covid-19,” jelas Menhub.

Menhub menegaskan tidak ada penyekatan pada masa mudik tahun ini. Namun demikian, Kemenhub berkoordinasi dengan TNI, Polri, Kemenkes dan Pemda, akan melakukan random check (pengecekan acak) di titik-titik seperti rest area, terminal, dan jembatan timbang, dalam upaya memastikan penerapan prokes berjalan dengan baik, dan juga mendorong tingkat vaksinasi.

Terkait aspek keselamatan, sejumlah upaya yang akan dilakukan Kemenhub di antaranya yaitu melakukan ramp check kelaikan transportasi massal dan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada awak transportasi.

Baca Juga: Jokowi Izinkan Mudik Lebaran, Pemkab Boyolali Siap-Siap Sambut Pemudik

Kemudian, untuk menjaga keamanan dan kelancaran, sejumlah upaya telah disiapkan seperti manajemen rekayasa lalu lintas, serta pengaturan terhadap kendaraan barang seperti pembatasan kendaraan barang sumbu 3 dan pembatasan waktu operasional kendaraan barang.

Menhub menegaskan peran serta dan dukungan masyarakat dengan menjadi pemudik yang bertanggung jawab, menjadi faktor penting dalam mewujudkan perjalanan mudik yang selamat, aman, nyaman, sehat, dan tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 usai masa mudik lebaran.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Hasil Rakor Mudik Lebaran 2022, Pemudik sudah Vaksin Ketiga Bisa Tanpa Tes Swab

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya