SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Anggota DPR (JIBI/Bisnis Indonesia/Yayus Yuwoprihanto)

Solopos.com, JAKARTA — Hasil penghitungan sementara yang dilakukan berbagai lembaga survei dan media massa menunjukkan dua partai yaitu Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Bulan Bintang (PBB), menempati dua posisi terbawah.

Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Cyrus Network menunjukkan calon legislatif dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Bulan Bintang (PBB) terancam tidak lolos ke DPR jika raihan suara kurang dari 3,5 persen dari suara nasional seperti yang diamanatkan UU No. 8/2012. Untuk sementara, PBB meraih suara 1,8 persen sedangkan PKPI meraih suara 1,3 persen dari suara nasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sementara itu, PDIP untuk sementara berada di urutan teratas partai yang mengumpulkan suara terbanyak dengan angka 17 persen dari suara nasional diikuti Golkar (14,6 persen), Gerindra (11,7 persen), Demokrat (9,9 persen), PKB (8,4 persen), Nasdem (7,6 persen), PAN (7,6 persen), PPP (7,1 persen), PKS (6,6 persen), dan Hanura (6,1 persen).

Penghitungan cepat dilakukan dengan metode random sampling dengan tingkat partisipasi sementara 78,4 persen. Penghitungan dilakukan dengan mengambil suara di 2,000 TPS terpilih di 77 daerah pemilihan DPR di Indonesia. Namun hasil tersebut masih sementara, hasil akhir penghitungan cepat yang dilakukan CSIS dan Cyrus Network akan diumumkan pukul 15.30 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya