SOLOPOS.COM - Ilustrasi pelaksanaan PPDB Online (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, WONOGIRI — Seleksi pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Kabupaten Wonogiri telah diumumkan, Senin (27/6/2022). Sejumlah SMP di Wonogiri dipastikan mengalami kekurangan siswa.

Berdasar data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri, terdapat 12.454 lulusan SD dan 1.144 lulusan MI di tahun 2022. Jika ditotal, jumlah lulusan di tingkat pendidikan dasar di Wonogiri sebanyak 13.598 orang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara, daya tampung yang tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Wonogiri No. 13/2022 menyebutkan kuota SMPN sebanyak 12.074 siswa dan jenjang MTs mencapai 1.600-an orang.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Disdikbud Wonogiri, Gino, mengatakan kekurangan siswa biasa terjadi di daerah yang bukan menjadi pusat keramaian di Wonogiri alias di daerah pinggiran.

“Sekolah yang lokasinya di perkotaan, semua daya tampungnya enggak hanya terpenuhi tapi juga sampai menolak calon pendaftar,” ujar Gino saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (29/6/2022).

Baca Juga: Bupati Pastikan Pelajar SMP Wonogiri Mulai Divaksin Covid-19 Pekan Depan

Di antara SMP yang daya tampungnya terisi penuh, seperti SMPN 1 Wonogiri, SMPN 1 Selogiri, SMPN 1 Wuryantoro, SMPN 1 Jatisrono, SMPN 1 Kismantoro, dan SMPN 1 di kecamatan lainnya. Daya tampung di SMPN 1 Jatisrono terpenuhi seluruhnya, yakni mencapai 329 siswa.

Di sisi lain, SMPN 4 Karangtengah yang letaknya di Dusun Suden, Desa Jeblogan, Kecamatan Karangtengah, hanya memiliki 24 siswa pendaftar. Padahal daya tampungnya mencapai 64 siswa.

Kejadian di SMPN 4 Karangtengah menjadikan sekolah tersebut sebagai SMPN dengan jumlah murid paling sedikit pada PPDB SMPN di Wonogiri tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya