SOLOPOS.COM - Ilustrasi Koalisi Merah Putih (JIBI/Solopos/Antara/Wahyu Putro A.)

Solopos.com, JAKARTA — Tim Advokasi Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta), Mahendradatta, menegaskan kubunya menarik diri dari proses Pilpres 2014 sehingga tidak akan mengajukan laporan ke Mahkamah Konstitusi (MK) (Baca: Tanpa Hatta, Prabowo Menolak Pilpres).

“Hanya yang mempunyai legal standing yang bisa ke MK, yaitu yang terdaftar sebagai capres dan cawapres,” katanya saat ditemui di Rumah Polonia, Jl. Cipinang Cempedak, Jakarta Timur, Selasa (22/7/2014), seperti dikutip Detik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurutnya, dengan menarik diri, Prabowo-Hatta bukan lagi capres dan cawapres sehingga tidak punya legal standing. Keputusan menarik diri juga disebabkan keyakinan pihaknya bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) selama ini sudah mengabaikan segala proses rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) (Prabowo Menolak, Pilpres 2014 Tetap Sah).

“Langkah ke depannya adalah penegakan hukum. Tidak ada permintaan apa-apa. Intinya hari ini menyatakan menarik diri dan menolak Pilpres,” ujar Mahendradatta kemudian mengakhiri pembicaraan.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menganggap sikap Prabowo Subianto menolak hasil Pilpres 2014 dan mengundurkan diri dari proses tersebut tidak akan mengurangi keabsahan Pilpres 2014. Pasalnya, pengunduran diri seorang capres yang sudah disahkan tidak bisa menghentikan proses yang berlangsung.

“Itu tentu [tidak akan mengurangi keabsahan]. Karena undang-undang tidak menganjurkan itu tidak sah, kehadiran saksi juga tidak wajib. Kami sebagai penyelenggara hanya mengundang, hadir atau tidak itu hak mereka. Mereka tanda tangan atau tidak, itu tetap sah. Itu tidak menghentikan proses yang sedang berlangsung,” kata Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay, saat diwawancarai Kompas TV, Selasa (22/7/2014) sore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya