SOLOPOS.COM - Barack Obama dan Joko Widodo (Talkmen.com)

Solopos.com, SOLO – Sejumlah media massa asing telah mengumumkan kemenangan sementara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla ( Jokowi-JK) dalam hitung cepat perolehan suara Pilpres 2014. Kendati sebatas hitung cepat, media-media itu telah memberikan ulasan kemenangan pasangan nomor urut dua itu. Menariknya Forbes mengklaim kemenangan Jokowi mirip kemenangan Obama.

Forbes telah mengumumkan kemenangan Jokowi meski sebatas hitung cepat. Majalah bisnis asal Amerika Serikat ini melaporkan kemenangan Jokowi di quick count dengan artikel berjudul As Indonesian Election Day Approaches, Jokowi Draws Obama Comparisons.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Forbes mengomparasi kemenangan Jokowi pada Pilpres 2014 dengan kemenangan Barack Obama pada Pilpres Amerika Serikat 2008. Ketika itu, Obama menghadapi Mc Cain.

Forbes menyebut Jokowi mirip dengan karakter Barack Obama. Kemenangannya pun dianggap setali tiga uang. Dikatakan Obama baru menjadi senator pada 2005 dan menjadi presiden 2008. Sama seperti Jokowi, yang baru menjabat gubernur pada 2012.

Forbes mengutip data quick count versi Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC). Dituliskan bahwa dari 54,25 persen suara yang masuk, Prabowo Subianto meraih 45,75%, sedangkan Jokowi 53,38%.

Situs berita asal Jazirah Arab, Al-Jazeera melaporkan berita bertajuk Quick Count: Jokowi Ahead in Indonesia Poll [Hitung Cepat: Jokowi Memenangkan Pemilu Indonesia].

Media massa yang berbasis di Qatar ini menggunakan data dari hasil hitung cepat Kompas dan CSIS. Disebutkan bahwa berdasarkan hasil hitung cepat Kompas itu Joko “Jokowi” Widodo mengungguli purnawirawan jenderal, Prabowo Subianto, dengan selisih suara 8%.

Kantor berita Reuters, Kamis (10/7/2014), memberitakan kemenangan Jokowi dalam berita berjudul Jokowi looks headed for victory in Indonesian presidential vote [Jokowi memimpin dalam pemilihan presiden Indonesia]”.

Meski juga mengulas perbedaan sejumlah lembaga survei Reuters berkeyakinan pada lembaga-lembaga survei yang memenangkan Jokowi dalam hitung cepat.

Diberitakan Reuters, bahwa dari 60 persen suara yang masuk di penghitungan Center for Strategic and International Studies (CSIS), Jokowi-JK meraih 45,1% dan Prabowo-Hatta 42,2%.

Reuter juga menyertakan salah satu pernyataan Jokowi. “Ini Merupakan hari baik bangsa Indonesia. Saya optimistis dengan hasil ini.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya