SOLOPOS.COM - Empat pasangan calon mengangkat nomor urut hasil pengundian yang digelar KPU Ponorogo di Gedung Sasana Praja, Ponorogo, Jatim, Rabu (26/8/2015) (JIBI/Solopos/Antara-Istimewa)

Hasil Pilkada Ponorogo diagendakan DPRD Ponorogo segera bergulir ke pelantikan bupati .

Madiunpos.com, PONOROGO — DPRD Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) berencana mengajukan usulan pelantikan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati terpilih periode 2016-2021 hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pikada) Ponorogo 2015, Ipong Muchlissoni-Sudjarno, dengan menggelar rapat paripurna istimewa dalam dua pekan mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Insya Allah Senin [1/2/2016] depan akan digelar banmus (badan musyawarah). Lalu Senin berikutnya rapat paripurna istimewa, untuk diambil keputusan bersama,” kata Ketua DPRD Ponorogo, Ali Mufti di Ponorogo, Selasa (26/1/2016).

Ia menambahkan hasil putusan sidang paripurna terkait usulan pelantikan berdasarkan hasil Pilkada Ponorogo 2015 itu selanjutnya akan dibawa ke Surabaya dan diajukan ke Gubernur Jatim. Ali Mufti mengisyaratkan seluruh persyaratan untuk pengajuan usulan pelantikan sudah terpenuhi, dan saat ini tinggal memenuhi prosedur formal pengajuan jadwal pelantikan ke tingkat provinsi. “Insya Allah syarat-syaratnya sudah lengkap,” ujarnya.

Ali menjelaskan rapat paripurna istimewa merupakan ketentuan dan sarana bagi DPRD untuk mengomunikasikan hasil Pilkada Ponorogo 2015, yaitu bahwa Ipong Muchlissoni-Sudjarno merupakan pemenang pemenang pilkada dan terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Ponorogo.
“Jadi memang harus dilalui. Ini sesuai SE [surat edaran] Mendagri 19 Desember lalu. Setelah itu baru diusulkan ke Gubernur Jatim,” ujarnya.

Tugas DPRD Ponorogo
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Ponorogo, Miseri Effendi menambahkan, setelah menerima surat dari KPU Jumat (22/1/2016), tugas DPRD adalah menindaklanjutinya dengan melakukan pengumuman. “Pertimbangan bukan di DPRD, tapi ada di Kemendagri,” kata Miseri.

Dalam rapat paripurna istimewa nantinya pasangan calon akan dihadirkan untuk turut mendengarkan pengumuman. Seluruh forum pimpinan daerah dan pimpinan SKPD juga akan diundang. “Itu usulan kami, tapi nanti terserah banmus yang menentukan.” ujarnya.

Miseri juga belum bisa memberikan kepastian waktu pelantikan Ipong-Djarno sebagai bupati dan wakil bupati Ponorogo definitif, dengan alasan masih menunggu rekomendasi Gubernur Jatim dan keputusan Kementerian Dalam Negeri.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya