SOLOPOS.COM - Striker Swiss Breel Embolo tidak merayakan gol yang dia cetak ke gawang Kamerun pada laga Grup G Piala Dunia 2022 di Al-Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar, Kamis (24/11/2022) sore WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLOSwiss mengawali Grup G Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 1-0 atas Kamerun di Al-Janoub Stadium, Al Wakrah, Qatar, Kamis (24/11/2022) sore WIB.

Gol tunggal Swiss diciptakan di menit ke-48 melalui Breel Embolo. Gol itu berawal dari crossing Xherdan Shaqiri di kotak penalti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Embolo memilih tidak merayakan gol itu. Embolo merupakan striker Swiss kelahiran Yaounde Kamerun.

Baca Juga: Babak Pertama Usai, Swiss vs Kamerun Masih 0-0

Pertandingan Swiss vs Kamerun berlangsung seimbang. Berdasarkan catatan Transfermarkt, Swiss dan Kamerun cuma beda tipis dalam ball possession yaitu 50,2  persen berbanding 49,2 persen. Namun Kamerun lebih banyak melakukan percobaan  tembakan ke gawang 8 berbanding 7.

Swiss mengambil inisiatif menyerang sejak kick-off. Swiss langsung mendapatkan sepak pojok. Belum ada peluang berbahaya yang dilahirkan Granit Xhaka dkk.

Justru lewat skema serangan balik Kamerun mendapatkan peluang pada menit ke-10. Lolos dari kawalan pemain belakang Swiss, Bryan Mbeumo melepaskan tembakan kaki kiri yang masih bisa diblok oleh penjaga gawang Yann Sommer. Bola rebound dimanfaatkan oleh Karl Toko-Ekambi namun sepakannya masih terlalu tinggi dari mistar gawang.

Baca Juga: Buka Open Golf Tournament, Menpora Ingin Porwanas Digelar 2 Tahun Sekali

Dua menit berselang giliran Xhaka yang mengancam gawang Kamerun. Mendapatkan umpan dari Djibril Sow, pemain Arsenal itu melepaskan tembakan kaki kiri dari sisi kotak penalti yang masih terlalu tinggi.

Swiss kembali mendapatkan sepak pojok pada menit ke-15. Namun belum melahirkan peluang untuk mencetak gol.

Setelah itu giliran Kamerun bertubi-tubi melancarkan serangan dari sayap kiri. Pada menit ke-24 Kamerun mendapatkan tendangan sudut. Dua menit berselang peluang tercipta dari Colloms Fai seusai memanfaatkan assist Martin Hongla. Namun upayanya masih melebar dari sasaran.

Baca Juga: Menpora Paparkan Implementasi DBON dalam Konkernas PWI

Wasit Facundo Tello mengeluarkan kartu kuning pertama kepada pemain Kamerun Collins Fai pada menit ke-36.

Setelah itu, Swiss lebih banyak menekan dan sejumlah peluang berbahaya diperoleh seperti melalui Nico Elvedi pada menit ke-40. Namun sundulannya masih melenceng tipis ke kiri gawang.

Peluang terakhir lahir di menit 45+1. Sundulan kepala Manuel Akanji memanfaatkan sepak pojok masih tipis dari garis gawang Kamerun. Hasil 0-0 pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Piala Dunia 2022: Brasil vs Serbia

Swiss unggul cepat di babak kedua. Tiga menit berjalan, Breel Embolo memaksimalkan crossing Xherdan Shaqiri di kotak penalti.

Merespons gol tersebut, Kamerun berupaya menyerang dan memiliki peluang lewat sundulan kepala Nicolas Nkoulou pada menit ke-50. Namun upayanya masih bisa diselamatkan penjaga gawang Swiss.

Swiss nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-66 melalui tembakan keras dari jarak dekat Ruben Vargas. Namun antisipasi yang tepat dari penjaga gawang Andre Onana membuat skor tidak berubah.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Laga Piala Dunia 2022: Portugal vs Ghana

Dua menit menjelang waktu normal habis, Xhaka melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalty. Namun bola yang meluncur ke pojok kanan bawah masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Onana.

Swiss tidak mengendorkan serangan dan justru mendapatkan sepak pojok serta peluang menggandakan keunggulan saat tujuh menit injury time. Namun tidak ada gol tercipta dan skor bertahan 1-0 untuk kemenangan swiss.

 

Susunan starting XI Swiss vs Kamerun:



Swiss (4-3-3)

Yan Sommer; Silvan Widmer, Nico Elvedi, Manuel Akanji, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka (kapt), Djibril Sow; Xherdan Shaqiri, Ruben Vargas, Breel Embolo. Pelatih: Murat Yakin.

Kamerun (4-3-3)

Andre Onana; Nicolas Nkoulou, Collins Fai, Jean-Charles Castelletto, Nouhou Tolo; Andre-Frank Zambo Anguissa, Samuel Oum Gouet, Martin Hongla; Eric Maxim Choupo-Moting (capt), Bryan Mbeumo, Karl Toko Ekambi. Pelatih: Rigobert Song.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya