SOLOPOS.COM - Pemain Qatar memprotes wasit saat menghadapi Senegal pada lanjutan Grup A Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium, Doha, Jumat (25/11/2022) malam. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLO—Tuan rumah Qatar menjadi tim pertama yang tersingkir dari putaran final Piala Dunia 2022 seusai menelan kekalahan kedua pada lanjutan Grup A pada Jumat (25/11/2022) malam WIB. Bertanding melawan Senegal di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar menyerah dengan skor 1-3.

Qatar yang merupakan tim juara Asia, menjadi tuan rumah Piala Dunia keempat yang gagal melewati putaran pertama setelah Swiss, Chile dan Afrika Selatan pada 1954, 1962 dan 2010.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gol Senegal diciptakan oleh Boulaye Dia pada menit ke-41, Famara Diedhiou menit ke 48 dan Bamba Dieng menit 84. Sementara gol hiburan Qatar dicetak oleh Mohammed Muntari pada menit ke-78.

Baca Juga: Setengah Main, Senegal Permalukan Tuan Rumah Qatar 1-0

Senegal lebih dominan pada pertandingan tersebut dengan ball possession 55 persen. Senegal juga lebih banyak dalam percobaan tembakan ke gawang  13 kali berbanding 10.

Laga ini merupakan pertandingan dua tim yang terluka setelah sama-sama kalah dengan skor 0-2 pada laga pembuka. Qatar menyerah dari Ekuador sedangkan Senegal kalah dari Belanda.

Senegal yang berupaya meraih poin penuh mengambil inisiatif penyerangan sejak awal. Ismaila Sarr dan Nampals Mendy mendapat peluang untuk menciptakan skor pada 10 menit pertama.

Baca Juga: Data dan Fakta Menarik Jelang Piala Dunia 2022: Wales vs Iran

Pada 10 menit kedua, Senegal masih dominan dan setidaknya ada dua peluang yang dikemas oleh Krepin Diatta pada menit ke-16 dan Famara Diedhiou satu menit kemudian. Namun peluang itu masih tidak bisa dikonversi jadi gol.

Qatar sempat membuat ancaman pada menit ke-26 melalui Abdelkarim Hassan seusai menerima umpan Meshaal Barsham. Akan tetapi bola hasil tembakannya masih melambung di atas mistar gawang Senegal.

Beberap kali menyerang, Senagal diuntungkan dengan kesalahan pemain belakang Qatar Boualem Khoukhi yang tidak sempurna menerima bola pada menit ke-41. Dengan cepat Boulaye Dia menyambar bola itu dengan memasukkan ke gawang.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Hari Ini: Belanda vs Ekuador, Inggris vs AS

Gol itu membuat kedudukan berubah 1-0 yang bertahan hingga delapan menit waktu tambahan pada babak pertama.

Memasuki babak kedua, Senegal langsung menekan dan mendapatkan sepak pojok pada menit ke-48. Dari skenario ini pula Senegal menggandakan keunggulan setelah bola yang dilepaskan Ismail Jakobs disambut sundulan kepala Famara Diedhiou. 2-0 untuk Senegal.

Tuan rumah berupaya membangun serangan untuk mengejar ketinggalan. Peluang diperoleh pada menit ke-55 lewat Abdelkarim Hassan. Sayang, tembakannya dari luar kotak penalti masih bisa diblok.

Baca Juga: Hasil dan Klasemen Piala Dunia 2022: Ronaldo Bawa Portugal Puncaki Grup H

Sempat mendapat ancaman dari Ismaila Sarr dan Famara Diedhiou, Qatar mendapat peluang emas dari Almoez Ali pada menit 63. Tembakan datarnya ke sudut gawang masih bisa dijangkau Edouard Mendy.

Qatar kembali mengancam gawang Senegal pada menit 67. Namun Mendy kembali tampil cemerlang  menggagalkan  upaya Ismaeel Mohammad yang sudah menembus ke depan gawang Senegal.

Upaya Qatar mencetak gol akhirnya berhasil dilakukan pada menit 78. Mohammed Muntari menandukkan kepala menyambut umpan lambung menyilang dari Ismaeel Mohammad. Skor menjadi 2-1.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2020: Diwarnai Kartu Merah, Iran Hajar Wales 2-0!

Namun upaya itu seperti sia-sia karena pada menit 84 Senegal menambah gol. Adalah Bamba Dieng yang mencatatkan namanya di papan skor.

Bamba dengan tenang menceploskan bola dari kotak penalti setelah menerima umpan crossing Iliman Ndiaye dari sayap kanan. Skor berubah menjadi 3-1 untuk Senegal.

Skor tidak berubah hingga wasit meniup peluit panjang setelah memberikan enam menit tambahan waktu di babak kedua.

 



Starting XI Qatar vs Senegal:

Qatar (5-3-2)

Meshaal Barsham; Pedro Miguel, I Mohammad, Boualem Khoukhi, Abdelkarim Hassan, Homam Ahmed; Hassan Al Haydos, Karim Boudiaf, Madibo; Almoez Ali, Akram Afif Pelatih: Sanchez Bas.

 

Senegal (4-2-3-1)

Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, I Jakobs, Abdou Diallo; Idrissa Gueye, Nampalys Mendy; Diedhiou, Ismaila Sarr, Krepin Diatta; Boulaye Dia Pelatih: Aliou Cisse.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya