SOLOPOS.COM - Ekspresi Kevin De Bruyne setelah Belgia bermain imbang 0-0 lawan Kroasia pada laga Grup F Piala Dunia 2022 di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan pada Kamis (1/12/2022) pukul 22.00 WIB. (Twitter @FIFAWorldCup)

Solopos.com, SOLO— Kroasia melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 seusai bermain imbang 0-0 lawan Belgia pada laga penentuan Grup F di Ahmad bin Ali Stadium Ar-Rayyan pada Kamis (1/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Belgia sebenarnya unggul dalam ball possession mencapai 51,7 persen berdasarkan catatan Transfermarkt. Belgia juga lebih banyak melakukan tembakan ke gawang yaitu 16 berbanding 11.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada laga tersbut, Kroasia langsung mengancam setelah kick-off melalui Ivan Perisic. Dari sisi kiri kotak penalti seusai menerima umpan Luka Modric, Perisic melepaskan tembakan yang masih melenceng ke kanan gawang.

Baca Juga: Hasil Piala Dunia 2022: Atasi Kanada 2-1, Maroko Tembus 16 Besar  

Kroasia mendapat penalti pada menit ke-15 setelah Andrej Kramaric dilanggar Yannick Carrasco di kotak penalti. Namun Luka Modric yang sudah siap-siap menjadi algojo batal melakukannya karena wasit Anthony Taylor membatalkan penalti itu setelah berdiskusi dengan VAR.

Jual beli serangan terjadi di lapangan. Kroasia melancarkan tekanan seperti melalui Marcelo Brozovic namun upayanya masih bisa diblok Thibaut Courtois. Beberapa saat kemudian peluang lahir dari Marko Livaja, hanya sundulannya masih melenceng di sisi kiri gawang.

Peluang bagus dimiliki Belgia pada menit 42 melalui Dries Mertens. Menerima umpan Leander Dendoncker, Mertens melepaskan tembakan yang tipis di luar dari gawang Kroasia.  Skor pun berakhir imbang tanpa gol.

Baca Juga: Babak Pertama Usai, Maroko Atasi Kanada 2-1  

Memasuki babak kedua, Belgia langsung memasukkan Romelu Lukaku menggantikan Mertens. Lukaku benar-benar menjadi ancaman bagi Kroasia.

Lukaku nyaris mencetak gol pada menit ke-60 jika bola hasil tembakannya tidak mengenai tiang gawang  Dominik Livakovic.

Dua menit berselang Lukaku melepaskan sundulan kepala dari depan gawang namun sedikit masih melambung.

Baca Juga: Skenario Grup E Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: Kans Spanyol dan Jerman

Kedua tim silih berganti melakukan serangan. Upaya Luka Modric pada menit 68 melepaskan tembakan ke pojok kanan atas gawang masih bisa diantisipasi oleh Courtois.

Satu menit berselang giliran Kevin De Bruyne mendapatkan assist dari Thomas Meunier dan melepaskan tembakan yang masih bisa diselamatkan Livakovic.

Peluang Belgia berikutnya dilakukan melalui sundulan kepala Jan Vertonghen yang masih bisa diblok pada menit 78.

Baca Juga: Skenario Grup F Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022: 3 Tim Bersaing Ketat

Pada menit 87, kapten Eden Hazard dimasukkan untuk menggantikan Thomas Meunier. Namun hal itu tidak terlalu berdampak bagi Setan Merah untuk mencetak gol.

Sampai tambahan waktu lima menit  tidak ada gol tercipta dan Kroasia memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

 

Susunan pemain Kroasia vs Belgia:

Kroasia (4-3-3)

Dominik Livakovic; Dejan Lovren, Borna Sosa, Josko Gvardiol, Josip Juranovic; Marcelo Brozovic, Luka Modric, Mateo Kovacic/ Lovro Majer 90+2’; Ivan Perisic, Andrej Kramaric/  Mario Pasalic 64, Marko Livaja/ Bruno Petkovic 64’. Zlatko Dalic.

 

Belgia (3-4-3)



Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Leander Dendoncker/  Youri Tielemans 72’; Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Thomas Meunier/ Eden Hazard 87’, Timothy Castagne; Yannick Carrasco/ Jérémy Doku 72’, Dries Mertens/Romelu Lukaku 46’, Leandro Trossard/ Thorgan Hazard 59’. Pelatih: Roberto Martinez.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya